pengaruh latihan imagery terhadap peningkatan kemampuan Shooting Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Pemula SSB Bina Mandiri Kabupaten Penajam Paser Utara

  • Carles Tri Samudra mahasiswa penjas 2018
  • Nurjamal Nurjamal
  • Jupri Jupri
  • Muhammad Saiin mulawarman
Keywords: Latihan Imagery, Kemempuan Shooting, Sepak Bola

Abstract

Imagery dalam olahraga adalah membayangkan/menggambarkan/ mengingat/ memunculkan kembali obyek dan peristiwa/pengalaman keterampilan gerak yang benar di dalam pikiran. faktor yang mempengaruhi efektivitas imagery, yaitu faktor internal adalah faktor yang bersumber dari individu yang melakukan imagery dan faktor eksternal. Faktor eksternal berupa kondisi/lingkungan di luar individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh latihan imagery terhadap peningkatan kemampuan shooting dalam permainan sepak bola. Penelitian ini dilaksanakan di SSB Bina Mandiri Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah Rancangan Pra-Eksperimental (One Group Pretest-Posttest Design). Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik tes pengukuran kemampuan shooting untuk mengetahui hasil kemampuan shooting dalam permainan sepak bola serta data pre-test dan post-test untuk mengetahui seberapa pengaruh latihan imagery terhadap peningkatan kemampuan shooting siswa.

Hasil penelitian menunjukkan data pre-test berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa rata-rata pre-test adalah 53.2 sedangkan rata-rata post-test adalah 59.25 dan nilai t-hitung sebesar 4.658 dengan signifikasi 0,000. Nilai t-tabel dengan db = 19 pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 2.093. Dari penjelasan di atas diketahui bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (th>tt). Oleh karena t-hitung lebih besar dari t-tabel (4.658>2.093).

Maka hipotesis yang menyatakan ”Adanya pengaruh latihan imagery terhadap peningkatan kemampuan Shooting Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Pemula SSB Bina Mandiri Kabupaten Penajam Paser Utara”diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]
Chandra, Ketut. 2018. Kepelatihan Sepak Bola : Teori Dan Praktik. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
[2]
Haryanto. 2018. Sepak Bola. Jakarta: PT Adfale Prima Cipta.
[3]
Chandra, Ketut. 2018. Kepelatihan Sepak Bola : Teori Dan Praktik. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
[4]
Ineke Megawati, 2016. Penggunaan Struktur Pembelajaran Kooperatif Pairs Compare Berbasis Media Audio-Visual Dalam Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Perancis. Universitas Pendidikan Indonesia: repository.upi.edu, perpustakaan.upi.edu
[5]
Junaidi, A., Sugihartono, T., & Sutisyana, A. (2018). Pengaruh Latihan Variasi Shooting Ke Arah Gawang Terhadap Akurasi Shooting Dalam Permainan Sepak Bola Pada Pemain U-14 Ssb Tunas Muda Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 126-132.
[6]
Komarudin. 2017. Pengantar Psikologi Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya PT.
[7]
Rustendi, E., Rif'at, M., & Hakim, A. F. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Shooting Permainan Sepak Bola Menggunakan Metode Modifikasi Permainan Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 05 Sayan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 1(1), 75-78.
[8]
Saharullah dan Hasyim. 2018. Sejarah, Peraturan Dan Pedoman Melatih Sepak Bola. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
[9]
Salim, Agus. 2008. Buku Pintar Sepak Bola. Jakarta: PT Intimedia Ciptanusantara.
[10]
Sepdanius, Endang, Muhamad Sazeli Rifki dan Anton Komaini. 2019. Tes Dan Pengukuran Olahraga. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
[11]
Su’udi, Achamd. 2013. Football Inspirations For Success : Merai Sukses Dengan Filosofi Sepak Bola. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
[12]
Sugiono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[13]
Tangkudung, James., dan Apta Mylsidayu.2017. Mental Training Aspek-Aspek Psikologi Dalam Olahraga. Bekasi: Cakrawala Cendekia.
[14]
Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, dan M. Budiantara. 2017. Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta : Sibuku Media.
[15]
Utami, Aisyiyah Dinnur, and Eko Yuliyanto. "Concept Map: Does It Increase Learning Motivation of Student?." Journal of Science Education Research 4.2 (2020): 49-54.
[16]
Werdihartohari, Fekum Ariesbowo. 2009. Menjadi Pemain Sepak Bola Yang Tangguh. Jakarta: Be Champion
[17]
Winarno, M.E. 2013. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
[18]
Winarno, M.E. 2006. Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Published
2022-06-03
How to Cite
[1]
C. T. Samudra, N. Nurjamal, J. Jupri, and M. Saiin, “pengaruh latihan imagery terhadap peningkatan kemampuan Shooting Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Pemula SSB Bina Mandiri Kabupaten Penajam Paser Utara”, Borneo.phy.ed., vol. 3, no. 1, pp. 25 - 32, Jun. 2022.

Most read articles by the same author(s)