PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS COLT DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA

  • Fachrie Rizali
  • Sudarman
  • Made Ngurah Partha
Keywords: pengembangan, e-modul, pembelajaran ekonomi, colt

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan
hasil rancangan e-modul pembelajaran ekonomi berbasis CoLT dan mengetahui respon guru
dan siswa terhadap pengembangan e-modul pembelajaran ekonomi berbasis CoLT di SMA
Negeri 5 Samarinda. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pengembangan modul
elektronik ini adalah model Collaborative Learning Techniques. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model
pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 5
Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap emodul
sistem komputer diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian
yang diperoleh terlihat bahwa hasil rancangan dan implementasi e-modul berbasis CoLT
yang telah dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas X di SMA Negeri 5
Samarinda dinyatakan berhasil diterapkan berdasarkan beberapa uji yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Rizqi. 2015. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata
Pelajaran Kimia Pokok Pembahasan Sistem Periodik Unsur Kelas X Program IPA di
SMA 1 Slawi”. Skipsi. Universitas Negeri Semarang.
Arsyad, Azhar. 2014, Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Edi Wibowo. 2018. ”Pengembangan Bahan Ajar E-modul Dengan Menggunakan
Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan
Lampung
Elizabert E. Barkley,K. Patricia Cross, Claire Howell Major, 2016.
“Collaborative Learning Techniques” Bandung: Nusa Media
Lee, W. W. dan Owens, D.L. (2004). Multimedia Based Instructional Design. San
Francisco: Peiffer.
Muslim, Fachruddiansyah dan Riyadi, Riyo. (2020). Bahan Ajar Elektronik Berbasis
Camtasia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Sosio Didaktika:
Sosial Science Education Journal, 6 (2), 165-171. DOI:10.15408/sd.v6i2.14393
Paramita Intan Putu, 2015. Pengembangan E-Modul Berbasis Scientific
Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi
Kelas XI Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja. 4(5).
Satriawati, Helna. “Pengembangan E-modul Sebagai Sumber Belajar Elektronika
Dasae Kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sufiyah Lilik, Hadi Sumarsono, 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran
Modul Elektornik Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Kelas X Lintas
Minat Ekonomi SMA Laboratorium UM Kota Malang”. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
8 (2). (64-74).
Winda, M. (2014). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Metode
Discovery dalam Pembelajaran PKn di Kelas X2 SMA Negeri 2
Lengayang Pesisir Selatan. Jurnal program pasca sarjana Universitas Negeri Padang.
10 (1). (43-57)
Published
2021-12-30
How to Cite
Fachrie Rizali, Sudarman, & Made Ngurah Partha. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS COLT DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 3(2), 12-21. https://doi.org/10.30872/prospek.v3i2.810
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>