PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN

  • Khasanatun Ristinah
  • Made Ngurah Partha
  • Noor Ellyawati
Keywords: kualitas pelayanan akademik, kepuasaan mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan akademik
terhadap kepuasaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman
Tahun 2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah 264 dengan sampel 73 mahasiswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner.
Teknik Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana serta uji t. Hal ini
menunjukkan terdapat pengaruhg signifikan dan positif antara kualitas pelayanan terhadap
kepuasaan mahasiswa. Artinya jika nilai kualitas pelayanan (X) bertambah, maka nilai
kepuasaan mahasiswa (Y) juga akan meningkat. Kualitas pelayanan akademik berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas
Mulawarman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Erlangga. Jakarta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Website FKIP Ekonomi Unmul. 2017. Visi-misi dan sejarah Program Studi Pendidikan
Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman.
Samarinda.
http://ekonomi.fkip.unmul.ac.id. Diakses tanggal 15 Februari 2019.
Vinny Jennifer Rahareng dan Nurnida Relawan. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan
Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa
Administrasi Bisnis Universitas Telkom). Adbispreneur Jurnal Unpad.
Bandung.
Published
2021-12-30
How to Cite
Khasanatun Ristinah, Made Ngurah Partha, & Noor Ellyawati. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 3(2), 22-32. https://doi.org/10.30872/prospek.v3i2.811
Section
Articles