PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA

  • Angga Pratama Saputra
  • Sudarman
  • Kaspul
Keywords: pengembangan modul, guided inquiry, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kelayakan penggunaanmodul pembelajaran ekonomi berbasis guided inquiry (2) respon siswa dan guru terhadappengembangan modul pembelajaran ekonomi berbasis guided inquiry di SMA Negeri 5Samarinda, (3) hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan dalampengembangan ini berbasis guided inquiry. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitianini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian yang diperoleh terlihat bahwa (1) hasil produk dan penerapan modulberbasis guided inquiry yang telah dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi untuk kelasX IPS 2 di SMA Negeri 5 Samarinda telah berhasil di terapkan melalui beberapa proses ujikelayakan yang di lakukan oleh tim ahli materi dan tim ahli media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembalajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Anderson, L. W, & Krathwohl, D. R, et al.(2010). Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Daely,Bimerdin. dkk. (2015). ‘Pengembangan Model Modul Berbasis Inkuiri Untuk
Pembelajaran Menyunting Karangan Di Kelas IX SMP Negeri 2 Sirombu
Kabupaten Nias Barat’. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol. 2.No.1.
pp. 76-78.
Daryanto.(2013).’Menyusun Modul Sebagai Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Mengajar.
Yogyakarta: Gava media.
Eko Putro Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Jauhar, Mohammad. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik Sampai
Konstruktivistik: Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis Contextual
Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Moeloek, F.A. dkk.(2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta : Badan
Standar Nasional Pendidikan Indonesia.
Prastowo,Andi.(2011).Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta : Diva
Press.
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sujarwo. (2011). Model-Model Pembelajaran: Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: Venus
Gold Press.
Sutikno, Sobry.(2014). Metode & Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Katalog dalam Terbitan (KDT).
Published
2021-12-30
How to Cite
Angga Pratama Saputra, Sudarman, & Kaspul. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 3(2), 1-11. https://doi.org/10.30872/prospek.v3i2.809
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)