PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR DAN TANPA MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SANGATTA UTARA

  • Aisyah Rizky Amalia
  • Sudarman
  • Kadori Haidar
Keywords: model cooperative learning, numbered heads together, media gambar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa
yang diajarkan menggunakan model coopertative learning numbered heads together
dengan media gambar dan tanpa media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Quasi eksperimen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
IPS SMA Negeri 1 Sangatta Utara dengan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan
kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hipotesis penelitian ini di uji
menggunakan Independent Sample t-Test untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
hasil belajar siswa. Hasilnya terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa menggunakan
model coopertative learning numberhed together dengan media gambar dan tanpa media
gambar di tinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Supriyono. 2009. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi. Paikem. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Anwariningsih, S.H., & Ernawati S. 2014. Development of Interactive Media for ICT
Learning of Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of education
and Learning (EduLearn). 7 (2). 121 – 128.
Devolti, L., Sri Wahyuni, dan Sumarni. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif NHT Dengan Pembelajaran
Konvensional. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera
Barat. 1 (2). 126-130.
Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Sani, L. N., Rahayu, S., & Hikmawati, H. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Direct
Instruction Dengan Media Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas Xi
Sman 1 Kopang. Jurnal Pijar Mipa. 13 (1). 13-18.
Sumarjito. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran NHT Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Biologi Kelas XI IPA SMA Islam 1 Prambanan Tahun Pelajaran 2009/2010.
Jurnal. 1-2
Warsono, dan Haryanto. 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Published
2021-07-30
How to Cite
Aisyah Rizky Amalia, Sudarman, & Kadori Haidar. (2021). PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR DAN TANPA MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SANGATTA UTARA. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 3(1), 28-42. https://doi.org/10.30872/prospek.v3i1.806
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)