KAJIAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA MATA PELAJARAN EKONOMI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar pada setiap penelitian
yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning periode 2014-2019. Penelitian
ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis
deskriptif. Penelitian kepustakaan dilakukan yaitu dengan jalan mengumpulkan data,
mengklarifikasi, menyusun dan menginterpretasinya. Dalam penelitian ini sumber bacaan
yang digunakan adalah jurnal ilmiah yang telah diterbitkan dan dapat diakses secara online.
Hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan pada penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa semua penelitian yang yang sudah dilaksanakan menyatakan bahwa
penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dapat berpengaruh pada peningkatan
hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari setiap penelitian yang dilakukan tidak lah sama.
Meskipun sama-sama mengalami peningkatan hasil belajar, tetapi nilai peningkatannya
berbeda antara satu penelitian dengan penelitian yang lain, karena terdapat kondisi yang
berbeda pada masing-masing penelitian.
Downloads
References
Amalia, Hana. 2017. Keefektifan Model Collaborative Learning Tipe Round Table Dan Tipe Sequence Chains Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kedus Temanggung. Hlm 1-83.
Chotimah, Umi. Faisal, Emil El. Maharani, Tidi. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Palembang. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran, hlm 164-171.
Jusnaeni. Daud Firdaus. Syamsiah. 2018. Perbandingan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Model Pembelajaran Kolaboratif SMA Negeri 3 Banteng. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, hlm 215-220.
Lestari, Erlin Indah. 2016. Pentingnya Penerapan Collaborative Learning pada Pembelajaran SD dengan Tepat. Hlm 1- 12
Mardiah. 2016. Analisis Tingkat Keusangan Literatur Pada Skripsi Mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Uin Ar Raniry Banda Aceh Tahun 2016. Hlm 1-43
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.