HUBUNGAN PERHATIAN DAN PERAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LONG IRAM

  • Firda Saman
  • Made Ngurah Partha
  • Kaspul
Keywords: perhatian orang tua, peran orang tua, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan perhatian dan peran orang
tua dengan pretasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Long Iram. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VIII yang berjumlah 130 siswa, dan sampel yang diteliti sebanyak 32 siswa. Metode
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data
menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan,
maka hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian dan peran orang tua memiliki
hubungan yang sedang dengan prestasi belajar. Dari hasil penelitian disarankan Orang tua
hendaknya lebih memperhatikan prestasi belajar anaknya dengan memberikan perhatian dan
peran secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Damania, W. 2017. “Peran Orang Tua di Rumah dalam Melatih Kemampuan Berpakaian Anak di Kelompok Bermain Meranti Muara Badak”. Skripsi Sarjana Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda.
Hadi, Abdul. 2016. “Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. An-Nisa”. Vol. 2. No. IX. Hal 101-121.
Koyimah, Eliyana. 2016. “Hubungan Perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Di Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang”. Skripsi Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada Media Group.
Nurmantyas, Muhfaris. Adi, Widodo, S. 2018. “Hubungan Antara Perhatian Orang Tua, Kemampuan Awal, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia ISBN: 978-602-6258-07-6. Hal. 673-680.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh Dan Berkembang Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Suryabrata, Sumadi. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Published
2021-07-30
How to Cite
Firda Saman, Made Ngurah Partha, & Kaspul. (2021). HUBUNGAN PERHATIAN DAN PERAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LONG IRAM. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 3(1), 54-71. https://doi.org/10.30872/prospek.v3i1.808
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)