KONTRIBUSI KOMPONEN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 2 SAMARINDA

  • Aninda Larasati Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Riyo Riyadi Universitas Mulawarman
Keywords: Infrastruktur e-Learning, Sistem dan Aplikasi e-Learning, Konten e-Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi komponen e-Learning moodle terhadap motivasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 78 responden yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Samarinda. Data kemudian diolah menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa komponen e-Learning berkontribusi sebesar 81,7% terhadap motivasi belajar siswa. Infrastruktur e-Learning berkontribusi sebesar 30%, sistem dan aplikasi e-Learning berkontribusi sebesar 58,5%, dan konten e-Learning berkontribusi sebesar 11,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alqahtani, M., & Mohammad, H. (2015). Mobile Applications’ Impact on Student Performance and Satisfaction. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(4), 102–112.
Basuki, G. D. (2015). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Kotagede 1. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-7.
Deviyanti1, T. A., Haryadi, & Yunanto, A. (2020). Peran Motivasi Belajar Pada Hubungan Antara Faktor Eksternal Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 22(4), 390-403.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.
Guswiani, W., Darmawan, D., Hamdani, N. A., & Noordyana, M. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. JTEP: Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 688-698.
Hussaini, I., Ibrahim, S., Wali, B., Libata, I., & Musa, U. (2020). Effectiveness of Google Classroom as a Digital Tool in Teaching and Learning: Students’ Perceptions. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), 4(4), 51-54.
Indarti, Hidayat, F. N., Tamimuddin, M., Efendi, R., Prayitno, W., & Nurul K., M. (2015). E-Learning untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) Guru. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khairunnisa, R., Aslindah, A., & Rahmadana, A. F. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 001 Samarinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2). 146-151.
Mulyadi, A., Ramadhany, M. A., & Tilawati, D. S. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan, 4(1), 43-49.
Rohman. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 95–108.
Setiawan, R. (2013). E-Learning Moodle Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Tingkat SMP. Jurnal Ilmiah Guru COPE, (1), 1-7.
Sujiwo, D. A. C. dan A’yun, Q. (2020). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. JUSTINDO: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia, 5(2), 1-7.
Sulisworo, D., Agustin, S. P., Iii, K., & Soepomo, J. P. (2017). Dampak Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya, 9(1), 1–7.
Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMK. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 49–58.
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yanti, L., Harahap, F., & Harahap, T. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 4(2), 189-197.
Published
2021-12-30
How to Cite
Larasati, A., Sudarman, S., & Riyadi, R. (2021). KONTRIBUSI KOMPONEN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 2 SAMARINDA. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.887
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>