ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA BERDASARKAN JENIS USAHA

  • Yerina Apui Universitas Mulawarman
  • Reza Reza Universitas Mulawarman
  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
Keywords: Pendapatan, Pedagang Kaki Lima, Jenis Usaha

Abstract

Pendapatan yang diterima oleh setiap pedagang kaki lima berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh lokasi usaha berdagang yang sering mengalami banjir. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis-jenis usaha pedagang kaki lima di daerah Bengkuring, untuk mengetahui pendapatan tertinggi pedagang kaki lima berdasarkan jenis usahanya dan untuk mengetahui jenis usaha apa yang lebih menuntungkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan observasi langsung dan wawancara dengan pedagang kaki lima di daerah Bengkuring. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga jenis usaha pedagang kaki lima yang ada di daerah Bengkuring yakni pedagang dengan jenis usaha makanan, jenis usaha kelontong dan jenis usaha barang. Serta pendapatan tertinggi yang diperoleh oleh pedagang kaki lima yang ada di daerah Bengkuring dengan rata-rata Rp. 5.274.500/minggu di peroleh oleh pedagang dengan jenis usaha makanan atau pedagang gorengan dan pendapatan terendah diterima oleh pedagang kaki lima dengan jenis usaha kelontong atau pedagang perlengkapan rumah tangga dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp. 1.139.500/minggu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Buku Gramedia Bigmall Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.904
Aini, K., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan Dengan Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Citra Niaga Samarinda. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(2), 91–100.
Allam, M. A., Rahajuni, D., Ahmad, A. A., & Binardjo, G. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima (Pkl) Di Pasar Sunday Morning (Sunmor) Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2).
Amelia, K., Reza, & Ellyawati, N. (2022). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan PT. Martina Berto Periode 2011-2020. Pendidikan Ekonomi.
Aziz, uhammad, Amir, H., Haidar, K., & Rahayu, Puri, V. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 4(2), 2614–3747. https://bmspeed7.com
Darman. (2015). Kehidupan Sosial Pedagang Kaki Lima di Kota Samarinda( Studi Kasus Penjual Jagung Rebus di Tepian). EJournal Sosiologi Konsentrasi, 1(3), 41–59.
Ferdian, P. N., Ellyawati, N., & Riyadi, R. (2022). Literasi Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Pendidikan Ekonomi.
Gestry, O. :, Butarbutar, R., Any, P. :, Dan, W., & Aqualdo, N. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Industri Makanan Khas di Kota Tebing Tinggi (The Analysis Factors Of Typical Food Industry Revenues At Tebing Tinggi City). JOM Fekon, 4(1), 2017.
Hidayat, R., Reza, Haidar, K., & Ellyawati, N. (2022). Analisis Keuntungan Usaha Warung Makan di Pasar Sanggam Adhi Dilayas Kabupaten Berau. Pendidikan Ekonomi.
Mulyani, C. D., Ellyawati, N., & Haidar, K. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko H. Aan Tanah Grogot.
Napitupulu, J. H., Ellyawati, N., & Astuti, R. F. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Kota Samarinda. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 138–144.
Oktaviani, D., Haidar, K., & Ellyawati, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Green Produk Cosmetic Sariayu Martha Tilaar pada Mahasiswi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman Samarinda.
https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/prospek
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi
Volume 5 No 1 Juli 2023
E-ISSN 2721-0855
10
Pratiwi, D., Ellyawati, N., & Permatasari, I. (2022). Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Fanny’S Food Samarinda Tahun 2021. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 112–124. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1204
Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. Community Service Learning, 6(1), 112–121. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.40965
Rahsyani, A. A. K., & Widanta, A. A. B. P. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keuntungan Pengusaha Gula Kelapa. Studi Kasus Di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah, 10(8), 691–700.
Saputra, R. B. (2014). Profil Pedagang Kaki Lima (PKL) Yang Berjualan di Badan Jalan (Studio di Jalan Teratai dan Jalan Seroja Kecamatan Senapelan). Jom FISIP, 1, 1–15.
Sutrisna, I. K. (2020). Pengaruh Jenis Barang Dagangan, Jam Kerja, dan Modal Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Agung Peninjoan Kota Denpasar. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3556–3583.
Yair, Kaspul, & Ellyawati, N. (2020). Hubungan Biaya Promosi dengan Volume Penjualan Motor pada CV. Sinar Utama di Kutai Barat Tahun 2018. Pendidikan Ekonomi.
Published
2023-07-14
How to Cite
Apui, Y., Reza, R., & Astuti, R. F. (2023). ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA BERDASARKAN JENIS USAHA. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.30872/prospek.v5i1.2413
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>