PENERAPAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DALAM PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 29 SAMARINDA

  • Kristina Deby Hong Universitas Mulawarman
  • Nasib Subagio Universitas Mulawarman
  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
Keywords: Pembelajaran Daring, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pembelajaran daring dalam pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 29 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai salah satu guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 29 Samarinda sebagai informan utama. Berdasarkan hasil analisis bahwa guru melakukan perencanaan pembelajaran dengan mempersiapkan ke tujuh perangkat pembelajaran berupa RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, alat evaluasi, alat pembelajaran dan platform. Ketika proses pelaksanaan, guru menggunakan RPP sebagai acuan dalam mengajar. Guru mengupload bahan ajar atau link youtube beserta dengan LKPD, kemudian guru memberikan penjelasan melalui 2 aplikasi saja seperti google classroom atau whatsapp. Pada kegiatan evaluasi pembelajaran, beberapa perangkat pembelajaran tidak dilakukan evaluasi seperti bahan ajar, media pembelajaran, alat evaluasi, alat pembelajaran. Guru hanya melakukan evaluasi terhadap RPP yang telah disusun, LKPD dan platform yang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliati, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.906
Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Astawa, I. B. M. (2017). Memahami Kewajiban Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Media Komunikasi Geografi, 16(1).
Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Bhakti, Y. B. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Interaktif dengan Powtoon. Jurnal SOLMA, 10(1), 61-69.
Astuti, S. Y., Haidar, K., & Riyadi, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 16 Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1197
Dewi, T. K., Haidar, K., & Ellyawati, N. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Smp Negeri 14 Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1184
Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 14 Samarinda. Jurnal Prospek : Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 24–34. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/prospek
Gunawan, R., Sudarman, S., & Astuti, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smpn 34 Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 54–62. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1196
Hadi, F., Syafi’i, A., & Isgandi, Y. (2020). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Daring Interaktif Bagi Guru-Guru SD Al Islam Morowudi, Gresik. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 142-149.
Hamid, A. (2016). Implementasi Kompetensi Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande. J-Alif: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam, 1(1), 28-42.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Hasviana, L., Riyadi, R., & ... (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Warga Belajar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Timur. … Dan Pemberdayaan …, 2(2), 119–125. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/1191Sa’bani, F. (2017). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13-22.
Ilmu, J., Rapida, W., Haidar, K., & Abu, I. (2022). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Samarinda. 2(1), 14–22.Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.
Isnaniah, I., Sudarman, S., & Riyadi, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Ips Di Kelas Viii Smp Negeri 11 Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.908
Laga, J. M., Mulawarman, U., Mulawarman, U., Ellyawati, N., & Mulawarman, U. (2021). Kajian Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Pelajaran Ekonomi. Jurnal Prospek, 3(2), 33–41.
Larasati, A. (n.d.). MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 2 SAMARINDA.
Magong, Y., Reza, R., & Puri Rahayu, V. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Mulawarman. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 193–199. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1213
Mawaddhah, V., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Lembaga Keuangan Dalam Perekonomian. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(2), 254–264. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/1694
Prayoga, R. R., Haidar, K., & Astuti, R. F. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Visual dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Samarinda. Kompetensi, 15(1), 59–65. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.67
Rafai (2021). Analisis Pelaksanaan Kinerja Guru SD Negeri 94/II Muara Bungo. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(2).
Rachman, M. F., Sudarman, Ellyawati, N., Ratna, & Astuti, F. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas XI SMA Negeri 1 Bontang. 10(2), 109–117.
Wahyu, Sudarman, V. P. R. (2022). Pengaruh E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. 140–149.
Wahjudi, E. (2015). Penerapan discovery learning dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lensa, 5(1), 1-15.
Published
2022-12-31
How to Cite
Hong, K. D., Subagio, N., & Astuti, R. F. (2022). PENERAPAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DALAM PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 29 SAMARINDA. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(2), 80-90. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i2.2236
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>