PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KEAS VII DI SMP NEGRI 4 SAMARINDA

  • Mega Faradilla Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Nasib Subagio Universitas Mulawarman
Keywords: Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Online, Mata Pelajaran IPS

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tujuan dan proses pelaksanaan Penerapan Model saintifik dalam pembelajaran online siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII siswa SMP Negeri 4 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualititaf deskriptif. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi,wawancara,dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data  yang dikumpulkan dari teknik observasi,wawancaea, dn dokumentasi dikelompokan dan diorganisasikan, untuk menjawab fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran online pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 4 Samarinda sudah memenuhi kaidah saintifik, (2) proses pelaksanan denga menggunakan penekatan saintifik dalam pembelajaran online pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 4 Samarinda sudah memenuhi kaidah saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fithri Nuru Ayuni Oktober 2015. “Pemahaman Guru Terhadap Pendekatan Saintifik (Scientific Appoach) Dalam Pembelajaran Geografi.” Jurnal Pendidikan Geografi Volume 15, Nomer 2.’ Pp 3-4
Ida Bagus Ketut Perdata. “Instrumen Observasi Kegiatan Inti Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik (5M) DI SMA.” Jurnal Santiaji Pendidikan, Volume 6, Nomor 2, Juli 2016 ISSN 2087-9016.’ Pp.128-129
Anwariyah Zuhrotul Juni 2018 “ Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajajaran IPS Kelas VIII G di MTsN Malang” Pp 129-131
Published
2021-12-30
How to Cite
Faradilla, M., Sudarman, S., & Subagio, N. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KEAS VII DI SMP NEGRI 4 SAMARINDA. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.893
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>