Eksplorasi etnomatematika pada museum Soesilo Soedarman di kabupaten Cilacap

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.4284

Keywords:

Eksplorasi, Etnomatematika, Museum Soesilo Soedarman

Abstract

Museum Soesilo Soedarman di Kabupaten Cilacap merupakan museum untuk menyimpan koleksi benda-benda bersejarah milik Jenderal (purn) Soesilo Soedarman. Museum di jadikan tempat belajar oleh para siswa untuk meningkatkan pengetahuannya akan benda-benda bersejarah. Tujuan penelitian ini adalah menggali objek-objek matematika dan nilai-nilai filosofisnya yang terkandung dalam Museum Soesilo Soedarman. Penelitian ini merupakan penelitian  kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat konsep matematika yaitu kesebangunan dan geometri pada objek-objek di dalam Museum Soesilo Soedarman di Kabupaten Cilacap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Aryani, I. K., & Abubakar, W. (2019). Pembelajaran Abad 21: Kembali Berguru Pada ‘Filosofi Kentongan' Sebagai Pelestarian Budaya Banyumas. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 43–49. https://doi.org/10.30595/dinamika.v11i1.5986

Astuti, R. L. D., Ainurohmah, D., Novia, & Qalban, A. A. (2024). Digital Information Era : Strategi Pemasaran Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Melalui Pendekatan Komunikasi Pemasaran Terpadu. NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 5(2), 184–194. https://doi.org/10.53565/nivedana.v5i2.1164

Barton, W.D. (1996). Ethnomathematics: Exploring Cultural Diversity in Mathematics. [Disertasi, University of Auckland]. New Zealand.

Chandra, F. (2023). Antropologi Hukum Dalam Masyarakat. Adagium: Jurnal Ilmiah Hukum, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.70308/adagium.v1i1.1

Fachri, M., & Azizah, F. N. (2020). Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Madrasah. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 90–97. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i1.29

Farianto, W., Prasetyo, N. A., & Raharja, P. A. (2021). Augmented Reality Objek Bersejarah Museum Soesilo Soedarman Menggunakan Metode Marker Based Dan Markerless. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 6(2), 141–153.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74–81.

Iswantoro, G. (2018). Kesenian Musik Tradisional Gamelan Jawa Sebagai Kekayaan Budaya Bangsa Indonesia. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(1), 129–143.

Mahendra, A., Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Metode Etnografi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 159–170. https://doi.org/10.5281/zenodo.13853562

Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, F., & Fitriani, F. (2023). Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika Sebagai Alat Pikir Dan Bahasa Ilmu). AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.731

Posha, B. Y., & Yusnita, H. (2023). Peran Museum sebagai Pusat Edukasi dan Daya Tarik bagi Masyarakat Sambas. Journal of Community Services), 1(1), 46–58.

Prabowo, M. R. (2021). Wisata Edukasi Melalui Kunjungan Museum Dan Situs Cagar Budaya Di Kalimantan Barat. Prosiding Pekan Sejarah, 259–274.

Rahmah, L. F., & Kusno, K. (2024). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Pada Bangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 29–37. https://doi.org/10.31316/jderivat.v11i1.5881

Roosandriantini, J., Santoso, A. N., & Catherina Novita Ambarwati. (2019). Tipologi Bentuk Atap pada Arsitektur Jawa. JA!UBL – Jurnal Arsitektur, 9(2), 7–12. https://doi.org/10.36448/jaubl.v9i2.1257

Sari, M. P., Wijaya, A. K., Hidayatullah, B., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Penggunaan Metode Etnografi dalam Penelitian Sosial. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 84–90. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1956

Utami, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 115–124. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.1841

Wahyuni, I., & Alifia, A. L. W. N. (2022). Identifikasi Etnomatematika Pada Museum Probolinggo. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 141–148. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1136

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Hidayati, L. A., & Kusno, K. (2024). Eksplorasi etnomatematika pada museum Soesilo Soedarman di kabupaten Cilacap. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 151–164. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.4284

Issue

Section

Articles