Eksplorasi etnomatematika pada museum Soesilo Soedarman di kabupaten Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.4284Keywords:
Eksplorasi, Etnomatematika, Museum Soesilo SoedarmanAbstract
Museum Soesilo Soedarman di Kabupaten Cilacap merupakan museum untuk menyimpan koleksi benda-benda bersejarah milik Jenderal (purn) Soesilo Soedarman. Museum di jadikan tempat belajar oleh para siswa untuk meningkatkan pengetahuannya akan benda-benda bersejarah. Tujuan penelitian ini adalah menggali objek-objek matematika dan nilai-nilai filosofisnya yang terkandung dalam Museum Soesilo Soedarman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat konsep matematika yaitu kesebangunan dan geometri pada objek-objek di dalam Museum Soesilo Soedarman di Kabupaten Cilacap.
Downloads
References
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Aryani, I. K., & Abubakar, W. (2019). Pembelajaran Abad 21: Kembali Berguru Pada ‘Filosofi Kentongan' Sebagai Pelestarian Budaya Banyumas. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 43–49. https://doi.org/10.30595/dinamika.v11i1.5986
Astuti, R. L. D., Ainurohmah, D., Novia, & Qalban, A. A. (2024). Digital Information Era : Strategi Pemasaran Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Melalui Pendekatan Komunikasi Pemasaran Terpadu. NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 5(2), 184–194. https://doi.org/10.53565/nivedana.v5i2.1164
Barton, W.D. (1996). Ethnomathematics: Exploring Cultural Diversity in Mathematics. [Disertasi, University of Auckland]. New Zealand.
Chandra, F. (2023). Antropologi Hukum Dalam Masyarakat. Adagium: Jurnal Ilmiah Hukum, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.70308/adagium.v1i1.1
Fachri, M., & Azizah, F. N. (2020). Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Madrasah. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 90–97. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i1.29
Farianto, W., Prasetyo, N. A., & Raharja, P. A. (2021). Augmented Reality Objek Bersejarah Museum Soesilo Soedarman Menggunakan Metode Marker Based Dan Markerless. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 6(2), 141–153.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74–81.
Iswantoro, G. (2018). Kesenian Musik Tradisional Gamelan Jawa Sebagai Kekayaan Budaya Bangsa Indonesia. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(1), 129–143.
Mahendra, A., Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Metode Etnografi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 159–170. https://doi.org/10.5281/zenodo.13853562
Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, F., & Fitriani, F. (2023). Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika Sebagai Alat Pikir Dan Bahasa Ilmu). AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.731
Posha, B. Y., & Yusnita, H. (2023). Peran Museum sebagai Pusat Edukasi dan Daya Tarik bagi Masyarakat Sambas. Journal of Community Services), 1(1), 46–58.
Prabowo, M. R. (2021). Wisata Edukasi Melalui Kunjungan Museum Dan Situs Cagar Budaya Di Kalimantan Barat. Prosiding Pekan Sejarah, 259–274.
Rahmah, L. F., & Kusno, K. (2024). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Pada Bangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 29–37. https://doi.org/10.31316/jderivat.v11i1.5881
Roosandriantini, J., Santoso, A. N., & Catherina Novita Ambarwati. (2019). Tipologi Bentuk Atap pada Arsitektur Jawa. JA!UBL – Jurnal Arsitektur, 9(2), 7–12. https://doi.org/10.36448/jaubl.v9i2.1257
Sari, M. P., Wijaya, A. K., Hidayatullah, B., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Penggunaan Metode Etnografi dalam Penelitian Sosial. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 84–90. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1956
Utami, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 115–124. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.1841
Wahyuni, I., & Alifia, A. L. W. N. (2022). Identifikasi Etnomatematika Pada Museum Probolinggo. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 141–148. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1136
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Litsa Arfi Hidayati, Kusno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.