Main Article Content

Abstract

Unsur terpenting dalam kegiatan pembelajaran matematika adalah pemahaman konsep karena dapat mencegah Siswa salah menafsirkan mata pelajaran dan merupakan prasyarat untuk menguasai mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pemahaman konsep matematika Siswa kelas XI MAS Modern Arafah yang terdapat pada materi fungsi komposisi dan invers. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Tes tertulis berupa esai adalah sarana pengumpulan data. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar soal uraian materi fungsi komposisi dan invers. Terdapat  indikator-indikator pada pengetahuan konseptual matematika Siswa diantaranya : 1) Nyatakan Kembali gagasan dengan menuliskan dengan lengkap, 2) Berikan contoh konkrit dan abstrak dari suatu ide, 3) Mengelompokkan objek-objek berdasarkan sifat tertentu sesuai dengan ide, 4) Menetapkan prasyarat atau kondisi yang cukup bagi suatu gagasan, 5) Menggunakan, memanfaatkan, dan memutuskan suatu proses atau Tindakan tertentu, 6) Gunakan ide atau algoritma untuk memecahkan masalah. Dalam penelitian ini, hasil persentase tentang kemampuan Siswa untuk memahami konsep matematika, diantaranya pada indikator pertama dan kedua sebesar 60%, indikator ketiga 50 %, indikator keempat 40%, indikator kelima 30% indikator keenam 20%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa masih perlu adanya peningkatan pemahaman konsep Siswa tentang fungsi komposisi dan fungsi invers pada XI MAS Modern Arafah.

Keywords

Fungsi komposisi dan invers Deskriptif kualitatif Pemahaman konsep

Article Details

How to Cite
Hesti, N., & Erita, S. (2023). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika Siswa dalam menyelesaikan soal pada fungsi komposisi dan invers. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 127-138. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2785

References

  1. Annur, M. F., & Hermansyah, H. (2020). Analisis kesulitan Mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2544
  2. Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui realistic mathematic education berbantu alat peraga bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
  3. Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
  4. Hasibuan, L. R., & Dalimunthe, B. (2022). Analisis kesulitan belajar matematika Siswa pada materi fungsi komposisi dan invers kelas X MA Alliful Ikhwan SAA Silangkitang. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 8(1), 54–57. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.2779
  5. Kamin, V. A., Andinny, Y., & Ramadani, I. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika materi fungsi komposisi dan invers kelas X. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 189–200.
  6. Kolins, A. Y., Wahyuningsih, W., Safrudin, N., & Rusdin, M. E. (2020). Analisis kesalahan Peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada fungsi komposisi dan fungsi invers. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(2), 86–95. http://dx.doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.7866
  7. Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.1-8
  8. Nasution, F. S., & Surya, E. (2017). Efforts to increase Student learning results with cooperative learning type learning model think pair share on the cube and beams materials in class VIII SMP Kartika I-1 Medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 280–290.
  9. Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis pemahaman konsep matematis Siswa kelas IV SDN 3 Gemulung pada materi pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2278
  10. Rahmat, F. L. A., Suwatno, S., & Rasto, R. (2018). Meningkatkan pemahaman konsep Siswa melalui Teams Games Tournament (TGT): Meta analisis. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 239–246. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11783
  11. Rismawati, M., & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 91–105. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.17
  12. Sapilin, Purwo Adisantoso, & Marhan Taufik. (2019). Peningkatan pemahaman konsep Peserta didik dengan model Discovery Learning pada materi fungsi invers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 285–296. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.476
  13. Selvy, Y. (2022). Penggunaan metode Flipped Classroom Blended Learning pada pembelajaran dimensi tiga untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis Siswa kelas XII IPA6 SMAN 1 Lhokseumawe semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Aceh Edukasi: Jurnal Ilmiah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh, 3(1), 33–40.
  14. Sipayung, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana melalui Contextual Teaching and Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 401–412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.153
  15. Susanti, B., & Lestari, Y. A. P. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi dan Fingsi Invers di SMK AL-IKHsan Bajujajar. 1(3), 446–459.
  16. Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis Siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.85
  17. Yulianti, E. N., Rahmawati, N. D., & Purwosetiyono, F. D. (2021). Analisis kesulitan Siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers ditinjau dari motivasi belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 37–41.