Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa pada barisan dan deret aritmetika berdasarkan teori Polya
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2579Keywords:
Masalah kontekstual, Pemecahan masalah, Teori PolyaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan teori Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data deskriptif didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan desain etnografi, dimana peneliti mempelajari tentang kemampuan Siswa dalam memecahkan masalah matematika khususnya masalah kontekstual. Hasil Penelitian ini diantaranya: (a) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis kategori tinggi mampu menyelesaikan soal sesuai tahapan teori Polya dengan tepat dan benar, (b) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis kategori sedang dapat menyelesaikan soal sesuai tahapan teori Polya tetapi ada sedikit kesalahan pada setiap tahapan teori Polya, dan (c) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis kategori rendah tidak semua tahapan teori Polya dilaksanakan dengan baik karena keterbatasan kemampuan.
Downloads
References
Amaliah, F., Sutirna, & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7202
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah Siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (R. Damayanti, Ed.; Edisi ketiga). Bumi Aksara.
Damayanti, S. Y., & Senjayawati, E. (2023). Analisis kesalahan siswa kelas XI SMA dalam memecahkan permasalahan soal pada materi matriks ditinjau dari teori Kastolan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1973-1982. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20101
Fitri, A. (2016). Penerapan pendekatan pemecahan masalah matematika dengan media presentasi untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 16–37. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.60
Gunawan, R., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Remaja Rosdakarya.
Halawa, J. S., & Heksa, D. (2021). Analisis kesalahan Siswa menyelesaikan soal pemahaman konsep pada materi relasi dan fungsi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 11-18. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.369
Isnaini, N., Ahied, M., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2021). Kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori Polya pada Siswa kelas VIII SMP ditinjau dari gender. Natural Science Education Research, 4(1), 84–92. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8489
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.
Ita, R., & Abadi, A. P. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah-langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1D), 1059–1065.
Nurhayati, N., Labulan, P. M. L., & Berahman, B. (2022). Kemampuan menyelesaikan masalah sistem persamaan linear pada Siswa kelas X. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 121-128. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.963
Saedi, M., Mokat, S., & Herianto. (2020). Teori pemecahan masalah Polya dalam pembelajaran matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 26–35.
Sutama. (2019). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, PTK, mix method, R&D (1 ed.). Jasmine.
Yapatang, L., & Polyiem, T. (2022). Development of the mathematical problem-solving ability using applied cooperative learning and Polya’s problem-solving process for grade 9 Students. Journal of Education and Learning, 11(3), 40–46. https://doi.org/10.5539/jel.v11n3p40
Yasin, M., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah bentuk numerasi pada konten matematika SMK. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2), 694–699. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.317
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.