Teknologi dalam pembelajaran matematika peminatan di Sekolah Menengah Atas (SMA)
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1795Keywords:
Software, Matematika, Teknologi, Matematika SMAAbstract
Teknologi dalam pendidikan telah menjadi suatu keharusan, karena pendidikan bersifat dinamis, demikian pula perkembangan peserta didik yang berubah seiring dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknologi berupa perangkat lunak yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika Peminatan tingkat SMA berdasarkan kompetensi pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat library research dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, sedang sampel yang digunakan adalah purpose sampling, sampel penelitian ini adalah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan pada pembelajaran Matematika Peminatan di SMA berdasarkan kompetensi pada kurikulum 2013. Teknik Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah ada beberapa perangkat lunak (software) yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika Peminatan tingkat SMA, diantaranya ialah Geogebra untuk materi terkait Geometri, yaitu lingkaran pada kelas XI dan vektor pada kelas X. Probability Distribution untuk materi statistik pada kelas XII, dan Trigonometry Unit Circle untuk materi persamaan trigonometri pada kelas XI. Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi bagi guru Matematika SMA terkait penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
Downloads
References
Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan e-modul interaktif materi persamaan lingkaran berbasis realistic mathematics education berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099–1111. https://doi.org/10.24127/AJPM.V9I4.3123
Hohenwarter, M., & Fuchs, K. J. (2005). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. 128–133. https://uni-salzburg.elsevierpure.com/en/publications/combination-of-dynamic-geometry-algebra-and-calculus-in-the-softw
Latifah, R. A. (2020). Pembelajaran sifat-sifat grafik fungsi eksponen dan logaritma dengan software Geogebra. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(2), 70–79. https://doi.org/10.53717/IDEALMATHEDU.V7I2.233
Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/9138
Novalia, N. (2019). Analisis hasil belajar: dampak pembelajaran berbantuan software pada pembelajaran statistika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24042/DJM.V2I3.4866
Nurhanan, N., Slamet, M., & Kania, N. (2019). Penggunaan software geogebra pada materi fungsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 585–591. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/84
Pemikiran, J., Penelitian, D., Matematika, P., Rahadyan, A., & Diah, H. ’. (2019). Penerapan dynamic software Geogebra dan cabri 3D dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 154–172. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/219
Magfirah, I., Zakaria, Y., Iye, R., & Bugiz, R., Azwan, A. (2021). Pemanfaatan aplikasi Geogebra sebagai pembelajaran Matematika di SMA Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 148–158. https://doi.org/10.35326/PENCERAH.V7I1.914
Restiana, N., & Pujiastuti, D. H. (2019). Pengukuran technological pedagogical content knowledge untuk guru matematika SMA di daerah tertinggal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 83–94. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V8I1.407
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.