Main Article Content

Abstract

Teknologi dalam pendidikan telah menjadi suatu keharusan, karena pendidikan bersifat dinamis, demikian pula perkembangan peserta didik yang berubah seiring dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknologi berupa perangkat lunak yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika Peminatan tingkat SMA berdasarkan kompetensi pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat library research dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, sedang sampel yang digunakan adalah purpose sampling, sampel penelitian ini adalah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan pada pembelajaran Matematika Peminatan di SMA berdasarkan kompetensi pada kurikulum 2013. Teknik Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah ada beberapa perangkat lunak (software) yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika Peminatan tingkat SMA, diantaranya ialah Geogebra untuk materi terkait Geometri, yaitu lingkaran pada kelas XI dan vektor pada kelas X. Probability Distribution untuk materi statistik pada kelas XII, dan Trigonometry Unit Circle untuk materi persamaan trigonometri pada kelas XI. Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi bagi guru Matematika SMA terkait penggunaan teknologi dalam pembelajaran.


 

Keywords

Software Matematika Teknologi Matematika SMA

Article Details

How to Cite
Jumiati, J. (2023). Teknologi dalam pembelajaran matematika peminatan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 31-40. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1795

References

  1. Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan e-modul interaktif materi persamaan lingkaran berbasis realistic mathematics education berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099–1111. https://doi.org/10.24127/AJPM.V9I4.3123
  2. Hohenwarter, M., & Fuchs, K. J. (2005). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. 128–133. https://uni-salzburg.elsevierpure.com/en/publications/combination-of-dynamic-geometry-algebra-and-calculus-in-the-softw
  3. Latifah, R. A. (2020). Pembelajaran sifat-sifat grafik fungsi eksponen dan logaritma dengan software Geogebra. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(2), 70–79. https://doi.org/10.53717/IDEALMATHEDU.V7I2.233
  4. Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/9138
  5. Novalia, N. (2019). Analisis hasil belajar: dampak pembelajaran berbantuan software pada pembelajaran statistika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24042/DJM.V2I3.4866
  6. Nurhanan, N., Slamet, M., & Kania, N. (2019). Penggunaan software geogebra pada materi fungsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 585–591. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/84
  7. Pemikiran, J., Penelitian, D., Matematika, P., Rahadyan, A., & Diah, H. ’. (2019). Penerapan dynamic software Geogebra dan cabri 3D dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 154–172. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/219
  8. Magfirah, I., Zakaria, Y., Iye, R., & Bugiz, R., Azwan, A. (2021). Pemanfaatan aplikasi Geogebra sebagai pembelajaran Matematika di SMA Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 148–158. https://doi.org/10.35326/PENCERAH.V7I1.914
  9. Restiana, N., & Pujiastuti, D. H. (2019). Pengukuran technological pedagogical content knowledge untuk guru matematika SMA di daerah tertinggal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 83–94. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V8I1.407