Main Article Content

Abstract

Kemampuan kelas VI SDN Munungkerep 2 dalam matapelajaran Matematika tentang Bilangan Bulat sangat rendah. Walaupun Guru telah menggunakan media pembelajaran, namun hanya beberapa peserta didik saja yang terlibat langung untuk memperagakannya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan seluruh peserta didik dalam memahami operasi hitung bilangan bulat agar memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami operasi hitung bilangan bulat secara aktif terlibat seluruh peserta didik. Subyek penelitian peserta didik kelas VI SDN Munungkerep 2 yang berjumlah 28 orang. Sumber data penelitian melalui observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dan setiap siklus dua pertemuan. Sebelum PTK, hanya 38% peserta didik yang memenuhi KKM. Setelah siklus pertama, didapat peningkatan 57% peserta didik yang memenuhi KKM dan pada siklus kedua meningkat menjadi 93%. Ada seorang peserta didik yang tidak memenuhi KKM akan diadakan perlakuan khusus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Permainan Panbilbul pada materi operasi bilangan bulat dapat meningkatkan sehingga peserta didik dapat memenuhi harapan yang ingin dicapai peneliti.


 

Keywords

Peningkatan Operasi Bilangan Bulat Panbilbul

Article Details

How to Cite
Ali, M. (2023). Permainan Panbilbul meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71-78. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1134

References

  1. Amurwani, C. S. (2010). Penggunaan media garis bilangan guna meningkatkan ketrampilan berhitung pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV SDN Karanganyar 3 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010 [Skripsi, Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/13630/Penggunaan-media-garis-bilangan-guna-meningkatkan-ketrampilan-berhitung-pada-bilangan-bulat-untuk-siswa-kelas-IV-SDN-Karanganyar-3-Kecamatan-Sambungmacan-Kabupaten-Sragen-tahun-pelajaran-20092010
  2. Andhani, N., & Nur'aeni, E. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v6i1.12543
  3. Aufa, V. N. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat melalui strategi pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas VI MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya [Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsa.ac.id/31077/
  4. Kaharu, F. G. (2012). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Karton berwarna ntuk Menanamkan Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif dan Negatif Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo [Laporan Penelitian Tindakan Kelas].
  5. Komariah, I., & Sundayana, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Media Domat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 323–332. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.321
  6. Republik Indonesia. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan Nasional.
  7. Safuro, A. S., Vivi Yandari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Bilangan Bulat terhadap Kemampuan Berhitung Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 19–26.