PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GREEN PRODUK COSMETIC SARIAYU MARTHA TILAAR PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA

Authors

  • Desi Oktaviani Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman
  • Noor Ellyawati Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.916

Keywords:

Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Green Produk Cosmetic Sariayu Martha Tilaar Pada Mahasiswi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 56 sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil dari pengujian Statistik t menunjukkan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara individual (parsial) bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian green produk kosmetik Sariayu pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman Samarinda. Berdasarkan pengujian koefisien Determinasi (R2) diketahui bahwa R sebesar 0,619 berarti hubungan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian 61,9%. Hal ini berarti hubungannya cukup erat. Nilai Adjusted R Square = 0,376 berarti 37,6% keputusan pembelian dapat dijelasakan oleh variabel kualitas produk sedangkan sisanya 62,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haryanto. J, (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Majalah Media Asuransi. Studi Kasus: PT. Media Asuransi Indonesia.
Kotler. P, & Amstrong. G, (2014). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition, Pearson Education.
Kotler. P, & Keller. K. L, (2016). Marketing Management. Edisi ke 15. Penerbit Pearson Education Limited.
Kotler. P & Keller. K. L, (2015). Manajemen Pemasaran Ed 13 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Rosandi, I. R, Amin. M. J, & Dyastari. E. L, (2017). Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan (Studi Kasus Penerapan Upah Minimum Di Kota Samarinda). ejournal Ilmu Pemerintahan. 5(3). 1119 -1130
Schiffman, l.G. & Kanuk, L. L. (2013). Consumer Behavior. 8th edition. New Jersey: Prentice Hall.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung
Sunarto, (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Ikip Pgri Madiun.
Tjiptono. F, (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Bayumedia. 134
Yamane. T. (1967). Statistics: An Introductory Analysis, 2nd Edition, New York: Harper and Row rumus penentuan sampel

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Oktaviani, D., Haidar, K., & Ellyawati, N. . (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GREEN PRODUK COSMETIC SARIAYU MARTHA TILAAR PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.916

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>