HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH MICRO TEACHING (PPL-1) DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL-2) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2014—2016

  • Winda Sharvinasaraya Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Made Ngurah Partha Universitas Mulawarman
Keywords: PPL, Micro teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar micro teaching (PPL I) mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi, (2) hasil belajar PPL II mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi, (3) hubungan hasil belajar micro teaching (PPL I) dengan hasil belajar Program Pengalaman Lapangan (PPL II) mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi  Angkatan Tahun 2014 - 2016. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan dianalisis dengan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perolehan hasil belajar micro teaching (PPL I) rata-rata nilai 83,12, (2) perolehan hasil belajar PPL II  rata-rata nilai 86,96, ,(3) terdapat hubungan yang positif antara hasil belajar micro teaching dengan hasil belajar PPL II, dengan nilai korelasi 0,224 dan nilai signifikansi 0,025<0,05. Jika dilihat dari nilai korelasi,hubungan variabel tersebut termasuk kategori rendah,yaitu 0,224 karena 0,20≤r<0,40.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, H. (2012). Uji Statistik. Diambil kembali dari Statistikian: http://statistikian.blogspot.com/2012/08/korelasi.html
Asril, Z. (2013). Micro Teaching. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Barnawi, & Arifin, M. (2016). Micro Teaching: Teori dan Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Febriyano, R. (2007). Penentuan Bobot. Diambil kembali dari lontar.ui.ac.id/.../117207T%2024071-Analisis%hubungan-Analisis.pdf
Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar sebagai Inspiransi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad Ke-21. Bandung: RAfika Aditama.
Hamalik, O. (2009). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, I., & Toemial. (2014). Praktek Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Hidayati, R. (2018). Hubungan Hasil Perkuliahan Mata Kuliah Keahlian Alternatif (Mkka) Pai Dengan Hasil Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Ii Mahasiswa Program Studi Pai Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya . Diambil kembali dari uinsby: http://digilib.uinsby.ac.id/27184/1/Ririn%20Hayati.D91214121.pdf
Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Pujianti. (2017). Pengaruh Pembelajaran Microteaching terhadap Sikap Percaya Diri Melaksanakan Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Diambil kembali dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7605/1/PUJIANTI.pdf
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakrta: PT Raja Grafindo Persada.
Sarwono, J. (t.thn.). Info Korelasi. Diambil kembali dari www.jonathansarwono.info/korelasi/korelasi.html
Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Siregar, F. (2014). Hubungan Antara Hasil Belajar Micro Teaching dan Praktik Pengalaman Lapangan Dengan Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Praktik Studi Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Medan. Diambil kembali dari Unimed: http://digilib.unimed.ac.id/14320/
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2009). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2013). Statitiska untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suharsaputra. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukiman, D. (2012). Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supriyono, A. (2013). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suwarna, & dkk. (2006). Pengajaran Mikro, Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana.
UMS, T. F. (2013). Pedoman Praktik Lapangan. Surakarta: Laboratorium FKIP.
UMS, T. F. (2013). Pedoman Praktik Pembelajaran Microteaching. Surakarta: Laboratorium FKIP.
Widiarini, I. K. (2015). Hubungan Hasil Belajar Mata Kuliah Micro Teaching (Ppl I) Dengan Hasil Belajar Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl Ii) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Pada Semester Genap Tahun Akademik 2013/2014 Dan Semester Ganjil Tahun Akademik 2014/2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), http://dx.doi.org/10.23887//jjpe.v5il.6085.
Zainal, A. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Published
2021-12-30
How to Cite
Sharvinasaraya, W., Sudarman, S., & Partha, M. N. (2021). HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH MICRO TEACHING (PPL-1) DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL-2) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2014—2016. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.914
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>