PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Wahyu Wahyu Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Universitas Mulawarman
Keywords: E-learning Berbasis Edmodo, motivasi, hasil belajar

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Muara Muntai di dapatkan data bahwa 54,1% dari total 13 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM dan 45,9% dari total 9 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Di mana KKM untuk mata pelajaran ekonomi adalah 75. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-learning berbasis edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaramuntai. Peneltian mennngunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design.instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan kusioner. Data dianalisis dengan uji t-test dengan teknik independen sampel t-test dan uji lanjutan dengan uji MANOVA. Hasilnya adalah terdapat pengaruh e-learning berbasis edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaramuntai. hasil uji (MANOVA), menunjukkan nilai Sig adalah 0,004 < 0,05. Sehingga dapat kita simpulakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan e-learning berbasis edmodo, yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas X IPS SMA Negeri 1 Muara Muntai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliati, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Prosiding seminar Nasional vol 1, No. 2. Samarinda: Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman.
Haryanto,M., & Suryanti, S , SE. (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tpie Numbered Head Together (TGT) Pada SMA Negeri 4 Palangkaraya. Neraca Jurnal Pendidikan Ekonomi, 27-30.
Hamzah, Ali dan Mushlisrarini. (2013). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Djaali, 2014, Pisikologi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Purwanto. (20160). Evaluasi Hasil Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2019) keampuan numeric, dan prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3).
Jethro, O. Oludare, A.M. Grace, dan A.K. Thomas. 2012. E-learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. International Journal of Academic Research in Busimess and Social S ciences 2(1): 203-210.
Manson, R. dan F. Rennie. 2010. E-learning Panduan Lengkap Memahami Dunia Digital dan Internet. Pustaka Baca: Yogyakarta.
Pitoy, Yani Pieter. (2012). Making Mathematics Learning Excited: New Hope, New Spirit with Edmodo. (http://p4tkmatematika.org/ diakses pada tanggal 12 Agustus 2018).
Sugiyono. (2014). Pemanfaatan Fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Peningkatan Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Bank Mandiri Kantor Kas Manado Paal Dua). Jurnal Administrasi Bisnis, 46-49.
Sudarman. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Samarinda: Mulawarman University Press.
Published
2022-07-21
How to Cite
Wahyu, W., Sudarman, S., & Puri Rahayu, V. (2022). PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 140-149. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1207
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>