Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Syariah Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Lantabur Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1203Keywords:
kualitas pelayanan, kepuasan anggotaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Syariah BMT Lantabur Samarinda tahun 2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode analisis korelasi rank spearman, kemudian menggunakan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 110 anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Syariah BMT Lantabur Samarinda untuk mengetahui tanggapan yang diberikan mengenai kualitas pelayanan dan kepuasan anggota. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 7,671 > ttabel = 1,982 menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan secara individu berhubungan dengan kualitas pelayanan sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha dterima.Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,598 artinya, adanya korelasi yang sedang antara kualitas pelayanan dengan kepuasan anggota.
Downloads
References
Apriyani, D. A., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) (Vol. 51, Issue 2).
Eliyawati, W., Sutjipta, N., & Putra, I. G. S. A. (2016). Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Unit Desa Suraberata Kecamatan Selemadeg Barat. Jurnal Manajemen Agribisnis, 4(1), 68–80.
Gea, J. B. I. J. (2018). Hubungan Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Di Kantor Ksp3 Desa Banuagea Kecamatan Tuhemberua. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen PEMBNAS, 4(1), 16–21.
Hamid, A., & Yulianti, N. K. E. (2019). Minat Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Bolano Lambunu Parigi Moutong Untuk Melanjutkan Studi Kejenjang Perguruan Tinggi. Jurpis : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 16(1), 47–57.
Khuswati, E., & Relita, D. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bhakti Lestari Kecamatan Sungai Tebelian. JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 89–98.
Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243.
Lutvita, P. A. A., Maisyaroh, & Juharyanto. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Koperasi Mahasiswa dan Kepuasan Anggota Koperasi Mahasiswa. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 107–116.
Marsono, S., & Nawangsasi, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Dosen dan Karyawan AUB Pancasila Surakarta. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 3(2), 60–66.
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Manajemen, 11(2), 265–289.
Rahmawaty, D. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. BPR Syariah Ampek Angkek Candung. Jurnal Ekonomi, 20(2), 163–176.
Santhi, N. H., & Hartati, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja dan Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong). Jurnal Humanitas, 4(1), 1–15.
Sujarweni, V. W. (2019). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. PT. Pustaka Baru.