Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis Dalam Mata Pelajaran IPAS Pada Kelas IV-A SD Negeri 007 Sungai Pinang

  • Isnaeni Nur Hasmi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Mohammad Faturrahman Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Jupri Jupri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mulawarman
  • Irna Syahriana SDN 007 Sungai Pinang Samarinda
Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dari karakter Profil Pelajar Pancasila elemen bernalar kritis yang termuat dalam Mata Pelajarn IPAS pada BAB 4 materi Energi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SD Negeri 007 Sungai Pinang yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan  dokumentasi dan observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, I. (2019). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8, 1–9.
Astuti, H. P., & Wuryandani, W. (2017). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidkan Karakter, 7(2),
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. 226–239.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. Retrieved from https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/388
Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1), 57–72.
Walsiyam. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen. Inovasi Manajemen Pendidikan Dalam Tatanan Kenormalan Baru, 966–978. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/ view/10901
Published
2023-12-30
How to Cite
Nur Hasmi, I., Faturrahman, M., Jupri, J., & Syahriana, I. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis Dalam Mata Pelajaran IPAS Pada Kelas IV-A SD Negeri 007 Sungai Pinang. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 207-211. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3096
Section
Articles