Pengembangan Ring Bola Basket Pada Pembelajaran Bola Besar di Sekolah Dasar Kota Samarinda

  • Kamal rusfa rahadean Universitas Mulawarman
  • Nurjamal Nurjamal Universitas Mulawarman
  • Muhammad Ramli Buhari Universitas Mulawarman
Keywords: Pengembangan, Ring Basket, Sekolah Dasar

Abstract

Permainan bola basket adalah salah satu materi permainan bola besar yang bertujuan memperkaya pengalaman gerak dan meningkatkan kesegaran jasmani pendidik. Tidak semua sekolah dapat mengajarkan penjasorkes materi bola basket, dikarenakan : minimnya sarana dan prasarana pendukung, lapangan olahraga tidak ada, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari dan mempraktikan permainan bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterterimaan produk modifikasi ring dalam permainan bola basket yang dapat mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana dalam pembelajaran di sekolah sehingga produk modifikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan produk berupa alat modifikasi ring basket pada pembelajaran penjasorkes. Dalam penelitian ini, data mengenai kualitas produk modifikasi ring bola basket yang dihasilkan, diperoleh dengan bantuan angket penelitian yang terdiri dari dua aspek, yaitu aspek kualitas alat dan aspek kualitas pembelajaran. Agar diperoleh produk modfikasi ring basket yang berkualitas tinggi, maka dalam proses pembuatannya dilakukan beberapa tahapan, diantaranya yaitu uji validasi kualitas alat oleh ahli alat, uji validasi kualitas alat oleh ahli pembelajaran, uji coba dengan siswa kelompok kecil, uji coba dengan siswa kelompok besar.Hasil penelitian ini adalah sebuah produk alat modifikasi ring bola basket dengan kualitas yang “Sangat Baik”. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya hasil validasi kualitas alat oleh ahli alat dengan rerata skor 4,33 yang termasuk dalam ketegori “Sangat Baik”, diperolehnya hasil validasi kualitas oleh ahli pembelajaran dengan rerata skor 4,87 untuk G1, 4,20 untuk G2, 4,07 untuk G3 yang termasuk dalam ketegori “Sangat Baik”, dan produk modifikasi ring bola basket dapat mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana yang ada. Hal ini berdasarkan ketertarikan pada produk untuk ke 3 sekolah adalah : minat siswa 42% tinggi dan 10% minat siswa yang kurang, dari hasil tersebut bisa diliat ketertarikan minat siswa terhadap produk lebih tinggi dan dapat dikategorikan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Latip, A. E. 2018. Evaluasi pembelajaran Di SD dan MI Perencanaan dan Pelaksaan Penilaian Hasil Belajar Autentik. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya

Samsudin 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sd/Mi. Jakarta: Litera Prenada Media Grup

Sugiyono 2018. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/ R&D). Bandung : Alfabeta

Sutanto, T. 2016. Buku Pintar Olahraga. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Winami, E. W. 2018. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Ptk, R&D. Jakarta : Bumi Arkasa

Published
2020-07-08
How to Cite
[1]
K. rusfa rahadean, N. Nurjamal, and M. Ramli Buhari, “Pengembangan Ring Bola Basket Pada Pembelajaran Bola Besar di Sekolah Dasar Kota Samarinda”, Borneo.phy.ed., vol. 1, no. 1, pp. 10 - 21, Jul. 2020.