Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran teams games tournament - media TTS dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung - media TTS pada pokok bahasan tata nama senyawa

  • Rusdiansyah Rusdiansyah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: media pembelajaran, pembelajaran kooperatif, SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model team games tournament (TGT) berbantuan media teka-teki silang dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung berbantuan media teka-teki silang pada pokok bahasan tata nama senyawa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muara Kaman tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah dua kelompok siswa kelas X yang masing-masing berjumlah 29 siswa. Siswa kelompok A diajar dengan model TGT berbantuan media teka-teki silang  dan siswa kelompok B diajar dengan model pembelajaran langsung berbantuan media teka-teki silang. Pemilihan kelompok sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil belajar siswa diperoleh melalui post-test dan ulangan harian. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok A (81,1) signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok B (70,6). Penelitian ini mengindikasikan bahwa model TGT berbantuan media teka-teki silang lebih baik digunakan pada pembelajaran tata nama senyawa dari pada model pembelajaran langsung berbantuan media teka-teki silang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yuningsih, D. Q., Suardana, I. N., & Suwenten, I. M.. (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1(2), 37-47. http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v1i2.12810.

Ashadi. (2016). Kesulitan belajar kimia bagi siswa sekolah menengah. UNS Library: Surakarta. https://library.uns.ac.id/kesulitan-belajar-kimia-bagi-siswa-sekolah-menengah/

Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10). 1-14. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132.

Hakim, T. (2001). Belajar secara efektif. PT Bumi Aksara.

Hanafy, M.S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1). 66-79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Munawaroh, S., Nuswowati, M., & Susatyo, E.B. (2016). Pengaruh pembelajaran team games tournament berbantuan crossword puzzle terhadap hasil belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1), 1672-1682. https://doi.org/10.15294/jipk.v10i1.6013.

Nasution. S. (2017). Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Nopiyanita, T., Haryono, H., & Ashadi, A. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar kimia dan kreativitas siswa pada materi reaksi redoks kelas x semester genap SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 1-35-141. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2863.

Pramudjiono. (2010). Statistik Dasar. Purry Kencana Mandiri.

Purwandari. (2008). Peningkatan penguasaan kosakata anak tuna rungu melalui teka-teki silang. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 5(1).

Slavin, R.E. (2015). Cooperative learning: teori, riset dan praktik. Nusa Media.

Taniredja, T. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Alfabeta.

Tyasning, D.M. Haryono, & Nurhayati, N.D. (2012). Penerapan model pembelajaran TGT (teams games tournament) dilengkapi LKS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi minyak bumi pada siswa kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 26-23. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/245.

Zumaroh, E., Widana I. D., & Muliani, L. H. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada pembelajaran kimia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 1(1), 30-36. http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12809.

Published
2021-05-31
How to Cite
Rusdiansyah, R., Nurlaili, N., & Muflihah, M. (2021). Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran teams games tournament - media TTS dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung - media TTS pada pokok bahasan tata nama senyawa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 4(1), 09-12. https://doi.org/10.30872/bcsj.v4i1.720
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>