Hasil belajar siswa berdasarkan gaya belajar yang diajar dengan model pembelajaran visual, auditori, dan kinestetik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit
DOI:
https://doi.org/10.30872/bcsj.v3i2.446Keywords:
gaya belajar, VAK, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan gaya belajar yang diajar dengan model pembelajaran visual, auditori, dan kinestetik (VAK) pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian adalah 70 siswa kelas X IPA dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Gaya belajar siswa diperoleh menggunakan angket dan hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes tertulis. Peningkatan hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan nilai N-gain Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik masing-masing 23, 22, dan 25 siswa. Nilai rata-rata N-gain siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, masing-masing adalah 0,56, 0,62 dan 0,56 yang semuanya termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditori lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work