Hasil belajar siswa berdasarkan gaya belajar yang diajar dengan model pembelajaran visual, auditori, dan kinestetik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit

  • Refka Revina Melyata Ekwanda Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: gaya belajar, VAK, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan gaya belajar yang diajar dengan model pembelajaran visual, auditori, dan kinestetik (VAK) pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian adalah 70 siswa kelas X IPA dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Gaya belajar siswa diperoleh menggunakan angket dan hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes tertulis. Peningkatan hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan nilai N-gain Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik masing-masing 23, 22, dan 25 siswa. Nilai rata-rata N-gain siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, masing-masing adalah 0,56, 0,62 dan 0,56 yang semuanya termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditori lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-30
How to Cite
Ekwanda, R. R. M., Nurlaili, N., & Muflihah, M. (2020). Hasil belajar siswa berdasarkan gaya belajar yang diajar dengan model pembelajaran visual, auditori, dan kinestetik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Bivalen: Chemical Studies Journal, 3(2), 36-38. https://doi.org/10.30872/bcsj.v3i2.446
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>