Kemampuan berpikir kreatif siswa SMA yang diajar dengan model team accelerated instruction pada pokok bahasan sistem periodik unsur
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif siswa penting untuk dikembangkan agar siswa mampu memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa SMA yang diajar dengan model pembelajaran team accelerated instruction (TAI) pada pokok bahasan sistem periodik unsur. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X-3 SMAN 16 Samarinda yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Kemampuan berfikir kreatif siswa dikumpulkan melalui tes yang memuat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu lancar, luwes, original, dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan berpikir lancar siswa sangat baik, kemampuan berpikir luwes siswa baik, kemampuan berpikir orisinil siswa kurang, dan kemampuan berpikir terperinci siswa sangat baik. Secara keseluruhan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-3 SMAN 16 Samarinda yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI pada pokok bahasan sistem periodik unsur tergolong baik.
Downloads
Copyright (c) 2019 Suciyanti Jufri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work