Model numbered head together dan round robin: Studi perbedaan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur

  • Jumiati Jumiati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia
Keywords: model pembelajaran, kooperatif, NHT

Abstract

Dalam model pembelajaran numbered head together (NHT), siswa saling bekerja sama dan berdiskusi dalam kelompok, kemudian mengemukakan pendapatnya secara individu. Dalam model pembelajaran round robin, siswa bergiliran memberikan kontribusi menjawab pertanyaan dalam suatu kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe round robin  pada pokok bahasan sistem periodik unsur. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-Keperawatan B dan C dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Kedua kelompok sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Siswa kelas X-Keperawatan B diajar menggunakan model NHT dan siswa kelas X-Keperawatan C  diajar menggunakan model round robin. Hasil belajar siswa diperoleh dengan cara tes yang diberikan pada saat post-test dan ulangan harian. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan (α = 0,05) hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model NHT dan siswa yang diajar dengan model round robin. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran round robin lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model NHT

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-31
How to Cite
Jumiati, J., Muflihah, M., & Nurlaili, N. (2019). Model numbered head together dan round robin: Studi perbedaan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur . Bivalen: Chemical Studies Journal, 2(1), 16-19. https://doi.org/10.30872/bcsj.v2i1.296
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>