Penerapan metode eksperimen untuk mengurangi miskonsepsi siswa kelas XI SMAN 15 Samarinda tentang larutan penyangga
Abstract
Metode eksperimen adalah metode pembelajaran yang memungkinkan peserta didik melakukan percobaan untuk membuktikan sendiri suatu pertanyaan atau hipotesis yang dipelajari. Fokus penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode eksperimen untuk mengurangi miskonsepsi siswa tentang materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI IPA SMAN 15 Samarinda. Sampel yang digunakan 30 siswa tersebut yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan pre experimental dengan one group pretest posttest design. Sampel diajar dengan metode ceramah, kemudian dianalisis miskonsepsinya dan dianjutkan dengan pembelajaran ulang menggunakan metode eksperimen. Pada pembelajaran dengan metode ceramah dilakukan 2 kali pertemuan dan 1 kali ulangan harian. Pada pembelajaran dengan metode ekperimen dilakukan 1 kali pertemuan dan 1 kali ulangan harian. Teknik analisis data menggunakan three–tier diagnostic test. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi rata-rata siswa kelas XI IPA sebelum pembelajaran menggunakan metode eksperimen adalah 45,3% dan setelah pembelajaran menggunakan metode eksperimen adalah 19,5%. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya penurunan miskonsepsi yaitu sebesar 56,95% pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMAN 15 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode eksperimen yang diterapan dalam pembelajaran larutan penyanga dapat menurunkan miskonsepsi siswa kelas XI IPA SMAN 15 Samarinda
Downloads
Copyright (c) 2020 Laurensia Brigita Claudia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work