Hasil belajar siswa SMA yang diajar menggunakan model pembelajaran EKPA dan POE pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa SMA yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran EKPA (Elisitasi, Konfrontasi, Pengembangan konsep, Aplikasi konsep) dan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) pada sub pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Samarinda, Indonesia, pada tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA1 dan X IPA2 dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Siswa kelas X IPA1 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran EKPA dan siswa kelas X IPA2 diajarkan menggunakan model pembelajaran POE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa SMA yang diajar dengan model pembelajaran EKPA dengan model pembelajaran POE pada sub pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit
Downloads
Copyright (c) 2018 Siska Wardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work