Perbedaan hasil belajar siswa SMA pada laboratorium nyata dan virtual dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa SMA pada laboratorium nyata dan virtual dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan larutan asam basa kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Samarinda. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Samarinda sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 dan XI IPA-3 yang masing-masing kelas sebanyak 38 siswa dan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui post test sebanyak dua kali pertemuan pembelajaran dan satu kali pertemuan ulangan harian. Kontribusi nilai masingmasing post test adalah 30% dan kontribusi nilai ulangan harian adalah 40%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata akhir siswa kelas XI IPA-2 dan XI IPA-3 sebesar 62,37 dan 85,13. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa SMA pada laboratorium nyata dan virtual dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan larutan asam basa kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2016/2017
Downloads
Copyright (c) 2018 Munik Endang Rizkiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work