Pola Asuh Orang Tua Strict Parents terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini

Authors

  • Anisa Nur Hayyu Universitas Mulawarman
  • Desi Amanda Universitas Mulawarman
  • Nurul Annisa Septiani Universitas Mulawarman
  • Oktavia Dwi Nugraheni Universitas Mulawarman
  • Adharina Dian Pertiwi Universitas Mulawarman
  • Hasbi Sjamsir Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v3i1.4854

Keywords:

Pola Asuh Strict Parents, Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial-Emosional

Abstract

Tujuan pembuatan media pola asuh ini untuk mengetahui penerapan apa saja yang ada di dalam pola asuh orang tua yang berhubungan dengan  perkembangan sosial-emosional ada anak usia dini  pola asuh yang di berikan orang tua terhadap perkembangan sosial-emosional  pada Anak Usia Dini  sangat penting bagi stimulasi bagi Anak Usia Dini  untuk menjadi pribadi yang lebih baik di dalam lingkungan sosial di sekitar dan anak mampu mengontrol emosional jika anak berada di lingkungan sekitar.pola asuh orang tua strict perents terhadap sosial emosional anak memiliki dampak yang sangat jelas. Seperti orang tua yang memberikan pola asuh oteriter kepada anak usia dini oran tua memberikan peraturan yang di buat dan tidak dapat di rubah dan orang tua memangsa anak untuk mengikuti semua aturan yang telah di buat tanpa memberi tahu anak alasan hal baik apa yang ada di dalam peraturan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84.

Azis, W. A. (2018). Penerapan Pola Asuh Otoriter Pada Anak ( Studi Kasus Pada Kader Posyandu Di Desa Kawungluwuk. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(2), 55–59.

Bina, U., Getsempena, B., Aceh, B., Emosional, P. S., & Mahasiswi, J. I. (2021). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Analisis Keterkaitan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B2 Di TK Save The Kids Banda Aceh . 2(2).

Dhiu, K. D. . & Fono. Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61.

Endang Hadiati, Sumardi, S. M. (2021). Pola Asuh Otoriter Dalam Perkembangan. Jurnal Pendidikan, 5(2), 68–79. https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/1326/790

Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 7(7).

Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.364

Ma’arif, N. N., & Zulia, M. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini: Studi Siswa Kelompok Bermain Permata Hati Desa Dungus Gresik. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 30–66. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.122

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Dampak Pengasuhan Otoriter Terhadap Perkembangan Sosial Anak. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 82. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.497

Mardiana, N. S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Interaksi Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 22. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i1.801

Mawaddah, K. A., & Widayati, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Temper Tantrum Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cikal Cendekia, 02(01), 35–44.

Mustabsyiah, L., & Formen, A. (2020). Hubungan pola asuh orangtua terhadap perkembangan sosial emosi anak pada sikap tanggung jawab. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 537–542. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/585/503

Nabila, P. A., Sukamti, N., & Usman, A. M. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Dan Kemandirian Fisik Anak Usia Prasekolah 4-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Wilayah Meruyung Kota Depok. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 2(2), 224–233. https://doi.org/10.33024/mahesa.v2i2.6000

Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91–102. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346

Nurlaily, T. H., Maslihah, S., & Wulandari, A. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kecenderungan Cyberbullying Yang Dimediasi Oleh Kecerdasan Emosi (Emotional Intelligence) Pada Remaja Di Kota Bandung. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1), 51–64.

Nyoko, Y. O., Kody, M. M., & Agustine, U. (2014). Emosional Anak Pra Sekolah. 195–204.

Puspita Sari, C. W. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 76–80. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.597

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Social, E., Emosional, S., & Pendahuluan, A. (2019). SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI Lusi Marlisa Universitas Muhammadiyah Metro. 1(1), 136–146.

Sulastri, N. M., & Hariyanti, D. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di Paud Taman Bangsa Gegutu. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2900

Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

wangge, yuliana sepe, sar’iyyah, N. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.

Windiastri, F., & Nurhaeni, N. (2020). Hubungan Pola Asuh Ibu dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Prasekolah di Bogor. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 4(2), 67. https://doi.org/10.32419/jppni.v4i2.180

Wulansari, N., Sundari, N., & Hendriawan, D. (n.d.). Dampak Pola Pengasuhan Otoriter Terhadap Pembentukan Perilaku Agresif Anak Usia 5-6 Tahun. Antologi.Upi.Edu. http://antologi.upi.edu/file/Dampak_Pola_Pengasuhan_Otoriter_Terhadap_Pembentukan_Perilaku_Agresif_Anak_Usia_5-6_Tahun.pdf

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Anisa Nur Hayyu, Desi Amanda, Nurul Annisa Septiani, Oktavia Dwi Nugraheni, Dian Pertiwi, A., & Hasbi Sjamsir. (2025). Pola Asuh Orang Tua Strict Parents terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini . Early Childhood Journal, 3(1), 56–64. https://doi.org/10.30872/ecj.v3i1.4854

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)