Pola Asuh Orang Tua Strict Parents terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v3i1.4854Keywords:
Pola Asuh Strict Parents, Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial-EmosionalAbstract
Tujuan pembuatan media pola asuh ini untuk mengetahui penerapan apa saja yang ada di dalam pola asuh orang tua yang berhubungan dengan perkembangan sosial-emosional ada anak usia dini pola asuh yang di berikan orang tua terhadap perkembangan sosial-emosional pada Anak Usia Dini sangat penting bagi stimulasi bagi Anak Usia Dini untuk menjadi pribadi yang lebih baik di dalam lingkungan sosial di sekitar dan anak mampu mengontrol emosional jika anak berada di lingkungan sekitar.pola asuh orang tua strict perents terhadap sosial emosional anak memiliki dampak yang sangat jelas. Seperti orang tua yang memberikan pola asuh oteriter kepada anak usia dini oran tua memberikan peraturan yang di buat dan tidak dapat di rubah dan orang tua memangsa anak untuk mengikuti semua aturan yang telah di buat tanpa memberi tahu anak alasan hal baik apa yang ada di dalam peraturan tersebut.
Downloads
References
Anisah. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84.
Azis, W. A. (2018). Penerapan Pola Asuh Otoriter Pada Anak ( Studi Kasus Pada Kader Posyandu Di Desa Kawungluwuk. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(2), 55–59.
Bina, U., Getsempena, B., Aceh, B., Emosional, P. S., & Mahasiswi, J. I. (2021). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Analisis Keterkaitan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B2 Di TK Save The Kids Banda Aceh . 2(2).
Dhiu, K. D. . & Fono. Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61.
Endang Hadiati, Sumardi, S. M. (2021). Pola Asuh Otoriter Dalam Perkembangan. Jurnal Pendidikan, 5(2), 68–79. https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/1326/790
Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 7(7).
Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.364
Ma’arif, N. N., & Zulia, M. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini: Studi Siswa Kelompok Bermain Permata Hati Desa Dungus Gresik. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 30–66. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.122
Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Dampak Pengasuhan Otoriter Terhadap Perkembangan Sosial Anak. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 82. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.497
Mardiana, N. S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Interaksi Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 22. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i1.801
Mawaddah, K. A., & Widayati, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Temper Tantrum Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cikal Cendekia, 02(01), 35–44.
Mustabsyiah, L., & Formen, A. (2020). Hubungan pola asuh orangtua terhadap perkembangan sosial emosi anak pada sikap tanggung jawab. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 537–542. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/585/503
Nabila, P. A., Sukamti, N., & Usman, A. M. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Dan Kemandirian Fisik Anak Usia Prasekolah 4-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Wilayah Meruyung Kota Depok. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 2(2), 224–233. https://doi.org/10.33024/mahesa.v2i2.6000
Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91–102. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346
Nurlaily, T. H., Maslihah, S., & Wulandari, A. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kecenderungan Cyberbullying Yang Dimediasi Oleh Kecerdasan Emosi (Emotional Intelligence) Pada Remaja Di Kota Bandung. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1), 51–64.
Nyoko, Y. O., Kody, M. M., & Agustine, U. (2014). Emosional Anak Pra Sekolah. 195–204.
Puspita Sari, C. W. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 76–80. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.597
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Social, E., Emosional, S., & Pendahuluan, A. (2019). SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI Lusi Marlisa Universitas Muhammadiyah Metro. 1(1), 136–146.
Sulastri, N. M., & Hariyanti, D. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di Paud Taman Bangsa Gegutu. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2900
Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
wangge, yuliana sepe, sar’iyyah, N. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Windiastri, F., & Nurhaeni, N. (2020). Hubungan Pola Asuh Ibu dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Prasekolah di Bogor. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 4(2), 67. https://doi.org/10.32419/jppni.v4i2.180
Wulansari, N., Sundari, N., & Hendriawan, D. (n.d.). Dampak Pola Pengasuhan Otoriter Terhadap Pembentukan Perilaku Agresif Anak Usia 5-6 Tahun. Antologi.Upi.Edu. http://antologi.upi.edu/file/Dampak_Pola_Pengasuhan_Otoriter_Terhadap_Pembentukan_Perilaku_Agresif_Anak_Usia_5-6_Tahun.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anisa Nur Hayyu, Desi Amanda, Nurul Annisa Septiani, Oktavia Dwi Nugraheni, Adharina Dian Pertiwi, Hasbi Sjamsir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







