Pola Asuh Anak Usia Dini dalam Exented Familiy

Authors

  • Desia Novela Universitas Mulawarman
  • Persa Ponno Paruru Universitas Mulawarman
  • Rosalina Huan Jiu Universitas Mulawarman
  • Ayu Amanda Fitri Universitas Mulawarman
  • Adharina Dian Pertiwi Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v3i1.4853

Keywords:

Pola Asuh, Keluarga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat  bagaimana pola asuh  anak usia dini yang di terapakan extented family. Yang di latar belakangi berbagai macam sosial dan budaya yang melandasi pola asuh anak usia dini. Penelitian ini bermanfat untuk mengetahui lebih dalam mengenai pola asuh anak usia dini dalam extended family melalui tiga sampel. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunnakan metode kualitatif deskriftif yang menggunakan teknik analisis data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara menggunakan semi terstruktur dan sempel yang di gunakan purposive sampel dimana pengambilan sampel di sesuaikan dengan tujuan penelitian. Sampel yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan tiga keluarga yang berbeda karakteristik pada pola asuh anak yaitu, otoriter, permisif, dan demokratis. Berdasarkan hasil penelitian pada tiga keluarga ditemukan dua keluarga yang menerapkan dua pola asuh yaitu pada keluarga A pola asuh demokratis-otoriter, keluarga C menerapkan pola asuh demokratis-permisif. Dan keluarga B menerapkan satu pola asuh yaitu pola asuh demokratis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aas, D. (2021). Dampak Pola Asuh Otoriter terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus Kelompok A di RA Attaqwa Padaringan, Kabupaten Ciamis). Tarbiyah Al-Aulad |, 6(1), 2021.

Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572

Ainemer, A. I., Krasnov, S. G., Popoy, V. E., Romm, E. S., Sudarikov, S. M., & Cherkashov, G. A. (1990). Hydrothermal systems of the Pacific Ocean. Marine Mining, 9(1), 105 115.

Al Hamat, A. (2018). Representasi Keluarga dalam Konteks Hukum Islam. YUDISIA: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 8(1), 139. https://doi.org/10.21043/yudisia.v8i1.3232

Almannur. (2019). Peran Pola Asuh Demokratis Dan Kelekatan Anak Dengan Orang Tua terhadap Kenakalan Remaja Di Smk Negeri 1 Kalasan. Jurnal ISLAMIKA, 2(1), 23–33.

Ayu, D. K., Nurdiani, & Arief, E. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Selama Pandemi Di Lingkungan III Kecamatan Medan Aea Kelurahan Pasar Merah Timur. Jurnal Taushiah FAI UISU, 11(1), 80–93.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak: Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. 14.

Hanifah, H. asma fadhilah, Aisyah, D. S., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1323

Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.364

Jannah, H. (2012). Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia di Kecamatan Ampek Angkek, 1, 257–258.

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122

Muhadi, A. I. (2019). Hubungan Pola Asuh Demokrasi Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-kanak El-Hijaa Tambak Sari Surabaya. Online Universitas Muhammadiyah Surabaya, 4, 1–17. https://core.ac.uk/download/pdf/229569061.pdf

Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054

Nurhaeda. (2019). Peran Keluarga Sebagai Tempat Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Early Childhood Education Indonesian Journal, 2(1), 100–107.

Pascasarjana, S., Manusia, F. E., & Dramaga, K. (2017). Abstrak Internalization of Virtue Values through Religious Functions and Environmental Conditioning and It ’ s Effect on Child ’ s Character Abstract. 10(3), 204–215.

Patimah, I. S. F. (2020). Transformasi Bentuk dan Fungsi Keluarga di Desa Mekarwangi. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 4(1), 12. https://doi.org/10.24198/jsg.v4i1.23405

Sanjiwani, N. L. P. Y., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2014). Pola Asuh Permisif Ibu dan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki di Sma Negeri 1 Semarapura. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 344–352. https://doi.org/10.24843/jpu.2014.v01.i02.p13

Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Suarmini, N. W. (2014). Keluarga Sebagai Wahanan Pertama Dan Utama Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 7(1), 118–135. https://doi.org/10.12962/j24433527.v7i1.599

Sundari, Y. T. (2021). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Kota Bengkulu.

Susyanti, S., Tabroni, I., & Rabiatul, S. (2022). Pola Asuh Extended Family Terhadap Tumbuh Kembang Anak. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 520. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1017

Wijayanti, U. T., & Berdame, D. Y. (2019). Implementasi Delapan Fungsi Keluarga di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi, 11(1), 15. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.2475

Wulandari, I. T. (2019). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Kelompok B di RA Perwanida Kadipaten Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Desia Novela, Persa Ponno Paruru, Rosalina Huan Jiu, Ayu Amanda Fitri, & Dian Pertiwi, A. (2025). Pola Asuh Anak Usia Dini dalam Exented Familiy. Early Childhood Journal, 3(1), 46–55. https://doi.org/10.30872/ecj.v3i1.4853

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)