Penerapan Metode Bercerita Terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nursittah Samarinda

Authors

  • Tasya Safhira Tasya Universitas Mulawarman
  • Adharina Dian Pertiwi Universitas Mulawarman
  • Rury Muslifar Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v5i1.4330

Keywords:

Anak Usia Dini, Rasa Percaya Diri, Metode Bercerita

Abstract

Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak,melalui metode bercerita anak dapat belajar berbagai hal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bercerita terhadap rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun di Tk Nursittah Samarinda.Metode penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan pada lembaga TK Nursittah Samarinda dengan narasumber 1 guru. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan model analisis data menurut Miles and Hubermen yaitu meliputi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita memiliki efek positif yang signifikan terhadap rasa percaya diri anak.Dalam penerapan ini,ada fokus penelitian yang di bahas yaitu (1) Rancangan pembelajaran yang di laksanakan dalam penerapan metode bercerita terhadap rasa percaya diri anak, (2) Pelaksanaan Metode bercerita terhadap rasa percaya diri anak dan (3) Evaluasi Penerapan Metode bercerita terhadap rasa percaya diri anak.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan rancangan pembelajaran dan pelaksanaan metode bercerita yang tepat seperti pemilihan cerita yang sesuai keinginan anak,menyampaikannya dengan menarik, dan melibatkan anak secara aktif dapat membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang percaya diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah et al.,. (2022). Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Pra Sekolah : Sebuah Systematic Review. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo,9,43,46.https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/14518.

Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatid & Kuantitatif. Padang: Sukabina.

Dewi, R. A., & Suryana, D. (2021). Penerapan Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://www.academia.edu/44969330.

Fauziddin, M. (2015). Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Krisma, K., Sastriana, M., & Kartika, W. I. (2024). Media Pop Up Book dalam Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 861–875. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.991.

Latif et al., (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Maimunah, H. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: DIVA Press.

Muslifar, R. (2015). Efektifitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif.Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling 1 (2),.http://www.i-rpp.com/index.php/jptbk/article/view/244.

Nur, S.F., Sjamsir, H., & Putri, A.A.P. (2023). Optimalisasi Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita di Taman Kanak-kanak.Japra:Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal 6 (1), 48-59,. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/30112.

Nurkhasanah, D. (2017). Penerapan Metode Bercerita Untuk Menumbuhkan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini Di Tk Satya Dharma Sudjana Kecamatan Terusan Nunyai Lampung Tengah.Undergraduate thesis,UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/767.

Satriana, M. (2017). Pengaruh Metode Bercerita dengan Gambar terhadap Kemampuan Prabaca.Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial 6 (1), 9-17. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/download/4154/4011.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Tasya, T. S., Dian Pertiwi, A., & Muslifar, R. (2025). Penerapan Metode Bercerita Terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nursittah Samarinda. Early Childhood Journal, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/ecj.v5i1.4330

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)