Peran Pola Asuh pada Anak Sibling Rivalry
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v3i2.4855Keywords:
Sibling Rivarly, Pola Asuh, AnakAbstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pola asuh anak pada sibling rivalry. Sibling rivarly adalah permasalahan yang terjadi antara saudara kandung. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang menggunakan teknik sampling Probability. Teknik sampling Probability adalah pengambilan sample yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur anggota untuk dipilih menjadi anggota sample, Penelitian ini menggunakan 3 sample, yang memiliki 3 karakteristik berbeda berdasarkan jenis kelamin, yang terdiri dari saudara laki-laki dan laki-laki dengan jarak usia (3 tahun), saudara perempuan dan perempuan dengan jarak usia (2 tahun), serta saudara laki-laki dan perempuan dengan jarak usia (16 bulan). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pola asuh berpengaruh terhadap sibling rivalry. Dari ketiga keluarga, sangat terlihat bahwa sibling rivalry laki-laki DT (3 tahun) dan perempuan KL (1 tahun) lebih menonjol, karena DT seorang kakak jarang mengalah dan memberontak apabila diberikan barang secara bersamaan dengan KL, dan DT juga harus lebih di utamakan, sedangkan KL sebagai adik lebih paham dan mau mengalah. Selain itu, DT dan KL juga memiliki pola asuh demokratis-permisif, dan kurang peran dari seorang ayah (Fatherless) secara psikologis karena hubungan jarak jauh.
Downloads
References
Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269
Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota …. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 671–680. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/177
Dasalinda, D., & Karneli, Y. (2021). Dwi Dasalinda 1, Yeni Karneli 2 COUNSENESIA Indonesian Journal of Guidance and Counseling 2 (2). 2(2), 1–8.
Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871
Fatmawati, F. A. (2022). Hubungan pola asuh demokratis dan perkembangan kecerdasan sosial emosional terhadap semangat belajar anak usia dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 303–307. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i01.5666
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Hanum, U. L., Masturi, & Khamdun. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Desa Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2445–2446.
Haq, T. Z. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Perilaku Sosial Generasi Millenial Ditinjau Dari Neurosains. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(1), 88–108. https://doi.org/10.31538/almada.v3i1.609
Indriyanti, L., Nurwati, R. N., & Santoso, M. B. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mencegah Sibling Rivalry Pada Anak Usia Toddler. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(1), 25. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.39661
Junaidin, J., Mustafa, K., Hartono, R., & Khoirunnisa, S. (2023). Kecemasan terhadap Pernikahan pada Perempuan Dewasa Awal yang Mengalami Fatherless. Journal on Education, 5(4), 16649–16658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2839
Kia, D., & Murniarti, E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 264–278. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295
A. Tabi’in. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581
Ma’arif, N. N., & Zulia, M. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini: Studi Siswa Kelompok Bermain Permata Hati Desa Dungus Gresik. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 30–66. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.122
Masyithoh, S. (2018). Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Sosial Anak. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 242–259. https://ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/view/117
Muranda, R., Bakrie, N., & Yasa, R. B. (2022). Sibling Rivalry and Aggressiveness On The Student Of MTSN 4 Banda Aceh Pendahuluan. 3(1), 76–86. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v3i2.15159
Ningtyas, M. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian industri manufaktur. Metode Penelitian, 32–41.
Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328
Psikologi, J., & Ina Savira Jurusan Psikologi, S. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh dengan Sibling Rivalry pada Remaja dengan Jenis Kelamin Sebagai Variabel Moderator. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(2), 102–112.
Putri, M. N., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 224. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8165
Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menstimulai Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 37–46.
Siregar, A. K., & Qurniawati, E. F. (2022). Analisis Framing Pemberitaan Buzzer di tempo.co. Journal of New Media and Communication, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.1
Sobari, M. maryam. (2022). Gambaran Kemampuan Self Control Pada Anak yang di Duga Mengalami Pengasuhan Fatherless. Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.54801/piaudku.v1i1.91
Suciati, A. D., Srianturi, Y., Sunan, U., Bojonegoro, G., & Suciati, A. D. (2021). Konseling Realitas Untuk Mengatasi Sibling Rivalry Pada Anak Usia Dini. JECO Journal of Education and Counseling Journal of Education and Counseling, 2(1), 167–176.
Sunariyadi, N. S., & Yuni Andari, I. A. M. (2021). Implikasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Karakter Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.266
Tola, Y. P. (2018). Perilaku Agresif Anak Usia Dini di Lihat dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Buah Hati, 5(1), 1–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Aisyah, Tri Andrisa Saputri, Andhita Fadiya.FM, Zahwa Olivia, Adharina Dian Pertiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







