Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini 4-5 Tahun di TK/KB Islam Istiqamah Balikapan
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v6i1.4633Keywords:
Anak Usia 4-5 Tahun, Kompetensi Pedagogik Guru, Pendidikan Karakter DisiplinAbstract
Kompetensi pedagogik guru dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin anak usia dini 4-5 tahun di TK/KB Islam Istiqamah Balikpapan. Tujuan penetian ini untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin anak usia dini 4-5 tahun di tk/kb islam istiqamah balikpapan. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian ini tiga guru kelas di tk/kb islam istiqamah balikpapan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi : (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) display data, (4) penarikan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin anak usia dini 4-5 tahun di tk/kb islam istiqamah balikapapan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam menanamkan pendidikan karakter anak usia dini sebagai panutan bagi peserta didik untuk menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat.
Downloads
References
Atmaja, H. (2016). Analisis Struktur Retorika Bagian Hasil Dan Pembahasan Artikel Jurnal Bidang Berbahasa Indonesia Bidang Ilmu Sastra Pada Jurnal “Bisa” Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (2):150-156
Cynthia Yusnita, N. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 116–126. https://doi.org/10.33369/jip.5.2
Djoehaeni, H., Kartika, W. I., Maghfirah, F., Aprilia, A., Putri, P., Satriana, M., Pertiwi, A. D., Sjamsir, H., Wahyuningsih, T., Palenewen, E., Rozie, F., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Keguruan, F. (2024). Pendampingan Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Mulawarman. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: 8(2) 365-375
Fadlillah, M. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. ISSN 2460-0318
Febriani, S., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Padang, N. (n.d.). KOMPETENSI GURU.
Harun, C. Zahri (2015). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter 4 (3) 302-308
Liana, H., Rahardjo, B., & Sjamsir, H. (2018). Implementasi Pembelajaran Karakter Anak Usia Dini Di Paud Anak Kita Preschool Samarinda. In Jurnal Pendas Mahakam (Vol. 3, Issue 1). Mei.
Maulani, G., Novianti, W., Marli’ah, S., Nur, M., Missouri, R., Romadhon, K., Niken, M., Listyorin, T., Hasanah, U., Rini, U., Siregar, W., Lasmaria, R. A. H., Simanungkalit, N., Pratamawati, A., Syarifah, T., Wayan, N., Dewi, R., Suryana, N., & Chairunnisa, J. (n.d.). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini.
Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3062–3071. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229
Nafiqoh, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Di Tk Islam Terpadu Bina Insan Cendikia Cimahi. Jurnal Ceria 2(5), 2714–4107.
Nurul Layly, A., Dian Pertiwi, A., & Aprilia Pangestu Putri, A. (2024). Peran Kompetensi Pedagogik Guru: Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. KIDDO : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i2.14551
Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6-7 Tahun). In Jurnal Kependidikan (Vol. 8, Issue 2). https://jurnaldidaktika.org
Saputra, A. (2019). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 10(2), 192 - 209.
Sjamsir, H., Anggriayani, D., & Mutia Ishaq, P. (2018). The Techniques Teaching Vocabulary with BCCT Based Learning in Islamic Kindergarten Samarinda (A Case Study at Al-Azhar Syifa Budi Kindergarten).
Sobarningsih, I., & Muhtar, T. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Abad Ke-21: Sebuah Tinjauan Peran Guru Pada Generasi Z. 7(5).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agustriyana Triyana, Hasbi Sjamsir, Adharina Dian Pertiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







