Analisis Pola Asuh Permisif pada Perkembangan Sosial Emosional Anak

Authors

  • Gita Universitas Mulawarman
  • Okana Universitas Mulawarman
  • Popi Kumala Sri Rahayu Universitas Mulawarman
  • Adharina Dian Pertiwi Universitas Mulawarman
  • Hasbi Sjamsir Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v3i1.4849

Keywords:

Pola Asuh Permisif, Perkembangan Sosial Emosional

Abstract

Pola asuh permisif yaitu pola asuh orang tua yang tidak mau ikut campur tangan  dalam kehidupan anaknya. Jangan tertipu ketika anak-anak berpikir bahwa orang tuanya dan hidup lebih penting daripada keberadaan mereka sendiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan permisif dalam perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sample pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sample sebanyak tiga anak dengan karakteristik yang berbeda berdasarkan tingkat usia yang terdiri dari anak SD, SMA dan Perguruan Tinggi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari  ketiga anak yang diamati dengan pola asuh permisif memiliki dampak pada perkembangan sosial emosional nya, hal ini juga dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal anak. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa meskipun memiliki pola asuh yang sama namun memiliki karakter dan perkembangan sosial emosional yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, L. N. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Munculnya Permasalahan Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini Lathifatun. 3.

Ani, Sella Putri, Harapan Edi, Sari, K. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Orang Tua terhadap Self-Control (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rambang Kabupaten Muara Enim). Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 56. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i1.986

Aprilianarsih, P., & Mil, S. (2023). Kemandirian Anak Dengan Orang Tua Yang Menerapkan Pola Asuh Permisif Puput Aprilianarsih 1. 8(2), 233–242.

Aviani, D., Latiana, L., & Mulawarman, M. (2020). Dampak Gaya Pengasuhan Permisif Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 68–74.

Ayu, D. K., Nurdiani, & Arief, E. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak Selama Pandemi di Lingkungan III Kecamatan Medan Aea Kelurahan Pasar Merah Timur. 11(1), 80–93.

Diadha, R. (2015). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1).

Eryanto, H., & Swaramarinda, R. D. (2013). Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39. https://doi.org/10.21009/jpeb.001.1.3

Fimansyah, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Era Globalisasi. PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(1), 1–6.

Hasanah, U. (2016). Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter anak. Elementary, 2, 72–82.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8.

Jarbi, M. (2022). Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Seksual Anak. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 163–185. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.34

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain. 2(1).

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13, 116–152.

Mayar, F. (2022). Aulad : Journal on Early Childhood Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran. 5(1), 193–198. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.310

Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif.

Muthi, A., Nuryatmawati, & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81–92.

Muthmainnah. (2012). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 103–112.

Ngongo, I. (2018). Pengaruh pola permisif orang tua terhadap pembentukan kepribadian anak.

Rijal, F. (2007). Perkembangan Jiwa Agama Pada Masa Remaja.

Rohayani, F., Murniati, W., Sari, T., & Fitri, A. R. (2023). Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika). Islamic EduKids, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7316

Safitri, Y., & Hidayati, N. E. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Depresi Remaja Di Smk 10 November Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(1), 11–17.

Saptandari, E. W., Febriani, A., & Kisriyani, A. (2022). Siap Sekolah dari Rumah : Stimulasi Aspek Sosial- Emosional pada Anak Usia Dini. May. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2002

Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Vandini, I. (2015). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. 5(3), 210–219.

Zulfitria. (2016). Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa sd. Jurnal Ilmiah PGSD, 1–8.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Gita, Okana, Popi Kumala Sri Rahayu, Dian Pertiwi, A., & Hasbi Sjamsir. (2025). Analisis Pola Asuh Permisif pada Perkembangan Sosial Emosional Anak. Early Childhood Journal, 3(1), 16–31. https://doi.org/10.30872/ecj.v3i1.4849

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)