PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TK RAHAYU SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v1i1.209Keywords:
mengenal warna, finger painting, Kelompok B TK RahayuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal berbagai warna dengan kegiatan finger painting di Anak Usia Dini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan pada III siklus 3 kali pertemuan setiap siklus maka dapat di simpulkan bahwa kegiatan finger painting pada siswa di TK Rahayu Samarinda mampu meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui kegiatan finger painting. Tahap awal pra siklus berjumlah 35% pada siklus I pertemuan 1, 2, 3 dari hasil observasi anak dengan penilaian proses 39% dan penilaian hasil 39% pada siklus, siklus ke II pertemuan 1, 2, 3 pada penilaian proses 56% dan penilaian hasil 53%, siklus III pertemuan 1, 2, 3 penilaian proses 84% dan penilaian hasil 84%.
Downloads
References
Aqib Zainal. (2009) Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD,SLB, TK. Bandung: Yrama Widya
B.E.F. Montulalu, dkk. (2008) Materi Bermain Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka
Bredekamp dan Copple B.E.F Montolalu, dkk. (2005) Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Danar Santi. (2009) Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia: Macanan Jaya Cemerlang.
Daryanto. (2012) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Hasan Maimunah, (2012) Pendidikan Anak Usia Dini. jogjakarta: Diva Press
Isjoni (2014) model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta
Jamaris Martini. (2006) Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Grasindo.
Masitoh, dkk. (2005) strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Mulyasa (2012). Menejemen PAUD. Bandung Remaja Rodakarya
Pekerti Widia, dkk. (2008) metode pengembangan seni. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyadi. (2015) teoripembelajaran anak usia dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Yasmin, Marttinis dan Sabri Sanan Jamilah. (2010) Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. Jakarta: Ganung Persada Press