Analisis Keterampilan Teknik Dasar Bola Basket pada Siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang

  • Aditya Abdi Nugraha Universitas Mulawarman
  • Hamdiana Hamdiana Universitas Mulawarman
  • Jance Sapulete Universitas Mulawarman
Keywords: Bola Basket, Passing, Dribble, Shooting

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif yang mencoba mendeskripsikan keterampilan teknik dasar permainan bola basket pada siswa SMAN 1 Tenggarong Seberang.  Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan tes keterampilan teknik dasar bola basket yang terdiri atas melempar dan menangkap (pssing), memasukan bola ke keranjang (shooting) dan menggiring bola (dribbling). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, dan pengkategorian hasil. Berdasarkan hasil keseluruhan tes keterampilan teknik dasar bola basket pada siswa SMAN 1 Tenggarong Seberang, dari 12 siswa menunjukkan bahwa sebanyak 4 siswa yang memperoleh kategori “baik”, 5 siswa yang memperoleh kategori “cukup”, 2 siswa yang memperoleh kategori “kurang”, dan 1 siswa yang memperoleh kategori sangat “kurang”. Maka dapat disimpulkan dari nilai rata-rata yaitu 149,99, bahwa tingkat keterampilan teknik dasar permainan bola basket siswa yang berminat dalam olahraga bola basket di SMAN 1 Tenggarong Seberang masuk dalam kategori “Cukup”. Dan untuk 8 siswi menunjukan sebanyak 1 siswi yang memperoleh kategori “sangat baik”, 5 siswi yang memperoleh kategori “cukup”, dan 2 siswi yang memperoleh kategori “kurang”. Maka dapat disimpulkan dari nilai rata-rata yaitu 149,84, bahwa tingkat keterampilan teknik dasar permainan bola basket siswi yang berminat dalam olahraga bola basket di SMAN 1 Tenggarong Seberang masuk dalam kategori “Cukup”. Hasil tersebut menunjukkan keterampilan yang dimiliki siswa dan siswi berbeda-beda dan masih banyak siswa dan siswi yang kurang terlatih dalam penguasaan teknik-teknik dasar olahraga bola basket.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diana, Marta. 2008, Bola Basket Konsep & Teknik Bermain Bola Basket. Ciputat: Cerdas Jaya
Djami, Yolis Y.A. 2018, Basket Untuk Pemula Teori & Praktek. Yogyakarta: CV. Budi Utama
Faturrahman, Dkk. 2012, Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
Husadarta, H.J.S. 2010, Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta
Jatmika Herka Maya. 2018, Permainan Bola Basket Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY press
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Kelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Khoeron Nidhom.2017, Buku Pintar Basket. Jakarta: Anugrah
Mahmmud,H. 2011, Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Nurhasan. 2001, Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga
Rahayu, Ega Trisna. 2013, Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta
Rosdiani, Dini. 2013, Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-12-01
How to Cite
[1]
A. Abdi Nugraha, H. Hamdiana, and J. Sapulete, “Analisis Keterampilan Teknik Dasar Bola Basket pada Siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang”, Borneo.phy.ed., vol. 1, no. 2, pp. 10 - 21, Dec. 2020.