Analisis Keterampilan Teknik Dasar Bola Basket pada Siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang

Main Article Content

Aditya Abdi Nugraha
Hamdiana Hamdiana
Jance Sapulete

Abstract

      Penelitian ini bersifat deskriptif yang mencoba mendeskripsikan keterampilan teknik dasar permainan bola basket pada siswa SMAN 1 Tenggarong Seberang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII ipa 2 dan XII ipa 3 SMAN 1 Tenggarong Seberang yang berjumlah 20 orang, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kebetulan atau sampling seadanya. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan tes keterampilan teknik dasar bola basket yang terdiri atas melempar dan menangkap (pssing), memasukan bola ke keranjang (shooting) dan menggiring bola (dribbling). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, dan pengkategorian hasil.


      Berdasarkan hasil keseluruhan tes keterampilan teknik dasar bola basket pada siswa SMAN 1 Tenggarong Seberang, dari 12 siswa menunjukkan bahwa sebanyak 4 siswa yang memperoleh kategori “baik”, 5 siswa yang memperoleh kategori “cukup”, 2 siswa yang memperoleh kategori “kurang”, dan 1 siswa yang memperoleh kategori sangat “kurang”. Maka dapat disimpulkan dari nilai rata-rata yaitu 149,99, bahwa tingkat keterampilan teknik dasar permainan bola basket siswa yang berminat dalam olahraga bola basket di SMAN 1 Tenggarong Seberang masuk dalam kategori “Cukup”. Dan untuk 8 siswi menunjukan sebanyak 1 siswi yang memperoleh kategori “sangat baik”, 5 siswi yang memperoleh kategori “cukup”, dan 2 siswi yang memperoleh kategori “kurang”. Maka dapat disimpulkan dari nilai rata-rata yaitu 149,84, bahwa tingkat keterampilan teknik dasar permainan bola basket siswi yang berminat dalam olahraga bola basket di SMAN 1 Tenggarong Seberang masuk dalam kategori “Cukup”. Hasil tersebut menunjukkan keterampilan yang dimiliki siswa dan siswi berbeda-beda dan masih banyak siswa dan siswi yang kurang terlatih dalam penguasaan teknik-teknik dasar olahraga bola basket.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Diana, Marta. 2008, Bola Basket Konsep & Teknik Bermain Bola Basket. Ciputat: Cerdas Jaya
Djami, Yolis Y.A. 2018, Basket Untuk Pemula Teori & Praktek. Yogyakarta: CV. Budi Utama
Faturrahman, Dkk. 2012, Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
Husadarta, H.J.S. 2010, Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta
Jatmika Herka Maya. 2018, Permainan Bola Basket Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY press
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Kelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Khoeron Nidhom.2017, Buku Pintar Basket. Jakarta: Anugrah
Mahmmud,H. 2011, Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Nurhasan. 2001, Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga
Rahayu, Ega Trisna. 2013, Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta
Rosdiani, Dini. 2013, Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.