Analisis Motivasi Mahasiswa Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Berolahraga Dirumah Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani

  • Ferdy Wahyu Mubaraq Universitas Mulawarman
  • Jance Sapulete Universitas Mulawarman
  • Muhammad Sukron Fauzi Universitas Mulawarman
  • Gyta Krisdiana Cahyaningrum Universitas Mulawarman
Keywords: Motivasi, Daya Tahan Tubuh, Pendidikan Jasmani, Olahraga

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana motivasi mahasiswa dalam upaya meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani angkatan 2019 Universitas Mulawarman. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2022 yang terdiri dari kelas A dan B dengan jumlah mahasiswa 53 orang, yang beralamat dijalan kampus Gunung Kelua, Muara Pahu.teknik Probability sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik non tes dengan menggunakan kuesioner(angket). Untuk Mengetahui seberapa besar motivasi mahasiswa dalam upaya meningkatkan daya tahan tubuh. Skala pengukuran mengunakan Skala likert Mahmud (2011:181) Hasil penelitian menujukan bahwa rata-rata Motivasi Mahasiswa Dalam Upaya    Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Berolahraga Di Rumah Pada Mahasiswa Penjas Angkatan 2019 dalam kategori sedang. dengan hasil data dengan kategori sangat tinggi sebanyak  4 mahasiswa atau 7,50%, kategori tinggi  sebanyak  12 mahasiswa atau 22,60%, kategori sedang sebanyak 18 mahasiswa atau 34,00%, kategori kurang sebanyak 16 mahasiswa atau 30,20%, dan sangat kurang sebanyak 3 atau 5,70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Motivasi Mahasiswa Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Berolahraga Di Rumah Pada Mahasiswa Penjas Angkatan 2019 dalam kategori sedang. walaupun sarana dan prasarana belum mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulaziz, M. F., Dharmawan, D. B., & Putri, D. T. (2016). Motivasi mahasiswa terhadap aktivitas olahraga pada sore hari di sekitar area Taman Sutera Universitas Negeri Semarang. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(2).

Cahyono D., Hamdiana & Raihan, M. (2022). Analysis Motivation of Fighting Athletes Tarung Derajat Kaltim to PON XX Papua. International Journal of Humanities Education And Social Sciences, 1(6).

Cooper, K. H. "Meningkatkan daya tahan tubuh untuk orang yang mudah sakit." Bandung: Kuadran (2007).

Darmawan, I. 2017. “Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas.” JIP [Internet] 7(2):143–54.

Delianus, Sapulete J., & Paryadi. (2021). Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Sepakbola SMK Negeri Sendawar Kutai Barat. Borneo Physical Education Journal, 2(1).

Dewi, Ni Komang Alit Tri Candra, I. Ketut Budaya Astra, and I. Gede Suwiwa. "Motivasi

Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Menjaga Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19."Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha 8.1 (2020): 1-9.

Didik Cahyono. (2021). Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi Di SMA Negeri Kota Samarinda. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2).

Effendi, Hastria. "Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1.1 (2016).

Hari Yuliarto. 2018. “Latihan Fisik Dan Kekebalan Tubuh”. MEDIKORA. Vol. IV No. 1 April 2008: 60 – 62.

Ismawan, H., & Rifai, M. (2022). Survei Kondisi Fisik Atlet Putra Rugby Kalimantan Timur Pada Masa Pandemi Covid-19. Borneo Physical Education Journal, 3(1).

Kamelta, Edno. "Pemanfaatan internet oleh mahasiswa jurusan teknik sipil fakultas teknik universitas negeri padang." Jurnal Cived 1.1 (2013): 142-146.

Kamal Firdaus. 2012. Psikologi Olahraga Teori Dan Aplikasi. Fakultas Imlu Keolahragaan Universitas Padang Press 2012.

Kenniadi, Paryadi & Ismawan, H. (2021). Analisis Keterampilan Teknik Dasar Permainan Sepakbola Pada Siswa Ekstrakurikuler SMA Negeri 8 Malinau. Borneo Physical Education Journal, 2(1).

Paramitasari, Fanny. "Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan PengetahuanKewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Bantul." Skripsi. Yogyakarta: UNY (2016).

Rismayanthi, C. (2018). Olahraga Kesehatan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Ruslan & Paryadi. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Takraw di Samarinda. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2).

Samsul Huda & Sukron Fauzi. (2021). Survei Minat Dan Motivasi Siswa-Siswi Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal Di SMP Negeri Kota Samarinda. Borneo Physical Education Journal, 2(1).

Subarjah, H. (2016). Hubungan antara Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. SOSIOHUMANIKA, 9(1).

Sukron Fauzi, Didik Cahyono & Jance Sapulete. (2022). Learning Innovation Training (PAIKEM) Physical Education based on the 2013 Curriculum for PJOK Teachers. Asian Journal of Community Services, 1(2).

Zuraida, M., Ifwandi, I., & Abdurrahman, A. (2016). Motivasi Instrinsik Masyarakat Dalam Mengikuti Senam Aerobik Di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh Tahun 2015. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 2(2).

Published
2022-12-01
How to Cite
[1]
F. Wahyu Mubaraq, J. Sapulete, Muhammad Sukron Fauzi, and G. K. Cahyaningrum, “Analisis Motivasi Mahasiswa Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Berolahraga Dirumah Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani”, Borneo.phy.ed., vol. 3, no. 2, pp. 21 - 31, Dec. 2022.