Perbedaan hasil belajar siswa SMA yang diajar menggunakan metode demonstrasi dan metode eksperimen pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa SMA yang diajar menggunakan metode demontrasi dan eksperimen pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 17 Samarinda, Indonesia. Penelitian ini tergolong quasi experiment dan subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran explicit instruction; kelompok siswa yang diajar dengan metode eksperimen dan kelompok siswa yang diajar dengan metode demonstrasi. Data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, nilai tes kemampuan kognitif dan aktivitas siswa. Data dokumentasi berupa nilai siswa pada pokok bahasan sebelumnya yang digunakan untuk menguji homogenitas subjek penelitian. Nilai tes kemampuan kognitif siswa diperoleh dari masing-masing 30% nilai post-test pertemuan 1 dan pertemuan 2 serta 40% nilai ulangan harian. Perbedaan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen adalah 70,3, lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode demonstrasi yaitu 61,1 pada taraf signifikan 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode eksperimen dan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode demonstrasi.
Downloads
Copyright (c) 2018 Syaiful Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work