The The effect of the usage of inquiry training model on colloid material outcomes
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Jenis Penelitian ini adalah penelitian semu dengan desain posttest only control group design. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Kepada kelas XI IPA 1 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training dan kelas XI IPA 2 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran direct learning. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada posttest di setiap akhir pertemuan. Ada atau tidaknya pengaruh diuji menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry training memperoleh hasil 79,99. Hal ini berbeda signifikan dengan rata-rata hasil model pembelajaran direct learning yang memperoleh hasil 65,33. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid.
Downloads
References
Cenik, I. K., Lumingkewas, S., & Mamuaja, M. N. (2019). Penerapan model pembelajaran inquiry training dan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan laboratorium mini pada hasil belajar siswa kimia di SMA. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 1(1), 15.
Dahar, R. W. (1989). Teori - teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Grace, O., & Aqil, I. D. (2020). Pengaruh metode pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Intelektium. Retrieved from https://doi.org/10.37010/int.v1i2.135
Joyce, B. (2009). Models of Teaching (8th editio.). USA: Pearson.
Nuraeni, H., Nurhayati, N. D., & Haryono. (2015). Studi Komparasi Pembelajaran Menggunakan Kartu Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, 4(2), 38–46.
Silitonga, P., & Harahap, M. B. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 44–50.
Sulastri, F., Utami, L., & Octarya, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Koloid. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 3(1), 15–22.
Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Beroreiontasi Kontruktivistis. Jakarta: Presentasi Pustaka Publisher.
Copyright (c) 2023 Diyani Septihadi Nazihah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work