The The effect of the usage of inquiry training model on colloid material outcomes

  • Diyani Septihadi Nazihah Mulawarman University
  • Maasje C. Watulingas Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: inquiry training; koloid; kimia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Jenis Penelitian ini adalah penelitian semu dengan desain posttest only control group design. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Kepada kelas XI IPA 1 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training dan kelas XI IPA 2 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran direct learning. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada posttest di setiap akhir pertemuan. Ada atau tidaknya pengaruh diuji menggunakan  uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry training memperoleh hasil 79,99. Hal ini berbeda signifikan dengan rata-rata hasil model pembelajaran direct learning yang memperoleh hasil 65,33. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cenik, I. K., Lumingkewas, S., & Mamuaja, M. N. (2019). Penerapan model pembelajaran inquiry training dan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan laboratorium mini pada hasil belajar siswa kimia di SMA. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 1(1), 15.

Dahar, R. W. (1989). Teori - teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Grace, O., & Aqil, I. D. (2020). Pengaruh metode pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Intelektium. Retrieved from https://doi.org/10.37010/int.v1i2.135

Joyce, B. (2009). Models of Teaching (8th editio.). USA: Pearson.

Nuraeni, H., Nurhayati, N. D., & Haryono. (2015). Studi Komparasi Pembelajaran Menggunakan Kartu Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, 4(2), 38–46.

Silitonga, P., & Harahap, M. B. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 44–50.

Sulastri, F., Utami, L., & Octarya, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Koloid. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 3(1), 15–22.

Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Beroreiontasi Kontruktivistis. Jakarta: Presentasi Pustaka Publisher.

Published
2023-05-31
How to Cite
Nazihah, D. S., Watulingas, M. C., & Nurhadi, M. (2023). The The effect of the usage of inquiry training model on colloid material outcomes. Bivalen: Chemical Studies Journal, 6(1), 15-18. https://doi.org/10.30872/bcsj.v6i1.2132
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)