Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif
Keywords:
Geogebra, Pemahaman Konsep, Kuasi EksperimenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh pembelajaran Guided Discovery berbantuan GeoGebra terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (2) apakah terdapat pengaruh gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) terhadap pemahaman konsep matematis siswa, dan (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran Guided Discovery berbantuan GeoGebra dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Methodist 7 Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan memilih kelas seadanya (tanpa metode acak kelas), dimana kelas X-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran Guided Discovery berbantuan GeoGebra, sedangkan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran Guided Discovery dengan bantuan Microsoft PowerPoint. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan uji ANOVA dua jalur dengan sel tak sama. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada hipotesis pertama, nilai statistik sebesar 49,40 (p > 4,113), sehingga H0A ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran Guided Discovery berbantuan GeoGebra terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Untuk hipotesis kedua, diperoleh nilai statistik sebesar 0,001 (p < 4,113), sehingga H0B diterima. Artinya, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kognitif FI dan FD terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Adapun hipotesis ketiga menunjukkan nilai statistik sebesar 0,965 (p < 4,113), sehingga H0AB diterima yang berarti tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran Guided Discovery berbantuan GeoGebra dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Downloads
References
Adibah, F., & Antonius, R. . (2022). Optimalisasi hasil belajar melalui identifikasi gaya kognitif field dependent dan field independent. Metalanguage: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(02), 27–38.
Arikunto, S. (2015). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120–135.
Masnia, F., & Amir, Z. (2019). Pengaruh penerapan model scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self-efficacy siswa SMP. JURING: Journal for Research in Mathematics Learning, 2(3), 249–256.
Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2023). PISA 2022 results (Volume I): The state of learning outcomes. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Pratiwi, D. (2016). Pembelajaran learning cycle5e berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191-202.
Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi kubus dan balok. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14–25.
Supriadi, N. (2015). Pembelajaran geometri berbasis GeoGebra sebagai upaya meningkatkan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 99–109.
TIMSS & PIRLS International Study Center. (2015). TIMSS 2015 International results in mathematics. Boston College.
Wahidah, N., Hasanuddin, & Hartono. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe kreatif-produktif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. JURING: Journal for Research in Mathematics Learning, 1(1), 79–90.
Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Raflesia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 10–16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Daniel Sitohang, Niken Adelina Silalahi, Emya Lavigana Barus, Arnita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

