Kemampuan Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XII SMAS Santo Yoseph Medan

Authors

  • Daniel Sitohang Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara
  • Iin Kartini Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara

Keywords:

Kemampuan Matematis, Masalah, Persamaan Lingkaran

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi persamaan lingkaran kelas XII SMAS Santo Yoseph Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMAS Santo Yoseph Medan tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 34 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi persamaan lingkaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 5 soal dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan dan persentase rata-rata kemampuan matematis siswa berdasarkan indikator kompetensi dasar tiap butir tes. Hasil penelitian ditinjau dari aspek tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan menunjukkan bahwa 7 siswa dengan persentase 20,5882% berada pada kategori sangat baik, 21 orang dengan persentase 61,7647 % pada kategori baik, 4 orang dengan persentase 11,7647 % pada ketegori cukup, 1 orang dengan persentase 2,9412% pada kategori kurang dan 1 orang dengan persentasi 2,9412% pada ketegori sangat kurang. Ditinjau dari aspek tiap butir tes menunjukkan bahwa untuk butir soal nomor 1 berada pada kategori cukup, butir soal nomor 2 pada kategori baik, dan butir soal nomor 3, 4 dan 5 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan matematis siswa tergolong baik ditinjau dari tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan dan berada pada kategori baik ditinjau dari persentase rata-rata kemampuan matematis siswa berdasarkan indikator kompetensi dasar tiap butir tes dengan persentase rata-rata 82,35%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aljaberi, N. M. (2015). University Students Learning Styles and Their Ability to Solve Mathematical Problems. International Journal of Business and Social Science. 6(4): 152-165.
Amadea, K., & Ayuningtyas, M. D. (2020). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Sinkronus dan Asinkronus Pada Materi Program Linear. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 111-120.
Anggraini, R. R. D., & Aan, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1): 31-41.
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225-233.
Baeti, N., & Murtalib, M. (2018). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele Di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(2), 39-50.
Fadillah, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. [Skripsi, Universitas Mulawarman].
Fahrurrozi., & Sukrul. H. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.
Febrianto, J., Fendiyanto, P, Suriaty., & Kukuh. (2023). Kemampuan Siswa dalam menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, Vol. 3, Hal. 204-210.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). the Students’ Mathematical Abstraction Ability Through Realistic Mathematics Education With VBA-Microsoft Excel. Infinity Journal, 7(2), 123.
Hanifah, N., Labulan, P., & Kukuh, K. (2018). Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII dalam Kompetensi Dasar Geometri Kelas VII di SMP/MTs Kecamatan Sambutan Tahun Ajaran 2015/2016. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 71-80.
Hendriana, H., & Fitriani, N. (2019). Mathematical Abstraction of Year 9 Students Using Relistic Mathematics Education Based on the van Hiele Levels of Geometry. Jurnal Didaktik Matematika, 6, 1-11.
Hidayati, H., & Sugeng, S. (2021). Penerapan Transformasi Geometri pada Desain Batik Lia Maido Menggunakan Desmos. Primatika \: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 99-106.
Ikmawati, I., & Badariyah, A. N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Matriks untuk Kelas X SMK Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33-42.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori Penerapan dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Kambey, R. A., Dimpudus, A., & Azainil, A. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Katolik Santo Mikail Balikpapan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Kubus dan Balok Tahun Ajaran 2016/2017. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 89-96.
Kurniawan, K. (2019). Pemahaman Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Pemecahan Masalah Dimensi Tiga. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 63-72.
Kurniawan, K. (2019). Penalaran Spasial Siswa pada Tahapan Operasional Formal Menurut Piaget dalam Memecahkan Masalah Geometri. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 21-26.
Nurhayati, N., Labulan, P. L., & Berahman, B. (2022). Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear pada Siswa Kelas X. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2).
Pratama, F. Y. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. [Skripsi, Universitas Mulawarman]
Riani, R., Asyril, A., & Untu, Z. (2022). Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51-60.
Rohma, N. S. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UAD Press.
Utami, N. T., & Arcana, I. N. (2019). Pengembangan Youtube Pembelajaran Persamaan Lingkaran di SMA Menggunakan Videoscribe. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 155-165.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Sitohang, D., & Kartini, I. (2024). Kemampuan Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XII SMAS Santo Yoseph Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 4, 43–48. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4045