Profil Soal Literasi Numerasi Mahasiswa

  • Husnul Khotimah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur
Keywords: Numerasi, Kontekstual, Kamuflase, Kongruen

Abstract

Penyusunan soal numerasi dalam hal ini soal yang kontekstual merupakan hal yang penting dilakukan oleh seorang guru. Mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan sebagai guru masa depan tidak hanya menguasai materi matematika sekolah tetapi juga dapat menyusun soal kontekstual. Berdasarkan hal ini maka penelitian bertujuan untuk mengetahui cara dan kendala mahasiswa menyusun soal kontekstual. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 3 mahasiswa pendidikan matematika. Hasil yang diperoleh yaitu cara sumber menyusun soal kontekstual yaitu dengan melihat contoh dari google maupun buku kemudian memodifikasi dengan menambahkan informasi yang dekat dengan peserta didik. dari soal yang berbentuk gambar atau tidak ada konteks, hanya merubah kata pada soal yang sudah ada, menambahkan informasi yang sebenarnya dari soal yang berbentuk gambar, serta menggabungkan informasi dari beberapa soal menjadi sebuah soal yang kontekstual. Adapun kendala dalam menyusun soal kontekstual yaitu sumber tidak bisa menyusun kalimat agar dipahami peserta didik. Selain itu sumber juga sulit mengaitkan matematika dengan keseharian sehingga terkesan memaksakan soal.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Husnul Khotimah, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur

 

 

References

Ardellea, F., & Hamdu, G. (2022). Pentingnya Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Soal Tes Literasi dan Numerasi Berbasis Education for Sustainable Development (ESD). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 220–227.
Khotimah, H. (2022). Deskripsi Soal Dengan Karakteristik Numerasi. Kompetensi, 15(1), 93–101.
Sari, M. P., & Khiyarunnisa, A. (2017). Problem Based Learning: Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 443–448.
Sediono, S., Mardianto, M. F. F., Ulyah, S. M., Andreas, C., Rosa, H. U., & Siregar, N. R. A. A. (2022). Peningkatan Kualitas Guru SMP di Kabupaten Kediri dalam Penyusunan Soal AKM melalui Pendampingan Intensif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(2), 147–161.
Talitha, D., & Alipatan, M. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMA di Penajam Paser Utara. Kompetensi, 14(1), 12–18.
Ulum, B., Amelia, D. J., & Utami, I. W. P. (2022). Pendampingan Penyusunan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi untuk guru SDN Tlogomas 2. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(2), 99–106.
Wardani, A. K. (2020). Profil Level Konteks pada Soal Model PISA. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 328–341.
Zulkardi, & Ilma, R. (2006). Mendesain sendiri soal kontekstual matematika. Prosiding KNM13 Semarang, 1–7.
Published
2023-07-30
How to Cite
Khotimah, H. (2023). Profil Soal Literasi Numerasi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 107-114. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2473