HUBUNGAN FUNGSI MANAJERIAL KEPALA RUANGAN DENGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DI RUANG OK IBS (INSTALASI BEDAH SENTRAL) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDUL WAHAB SJAHRANIE

  • Junisno
  • Noor Ellyawati
Keywords: fungsi manajemen, kepala ruangan, motivasi, perawat pelaksana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi manajerial kepala ruangan, motivasi kerja perawat, dan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan kepala ruangan dengan motivasi kerja perawat di ruang OK IBS RSUD Abul Wahab Sjahranie Samarinda. Subjek penelitian adalah perawat pelaksana di ruang OK IBS dan objek penelitian fungsi manajerial kepala ruangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana yang ada di ruang OK IBS. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah menguji variabel X dan variabel Y, dengan menggunakan korelasi product moment, korelasi parsial, dan analisis berganda.

Hasil penelitian menyebutkan  Fungsi Manajerial Kepala Ruangan diruang OK IBS RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda diperoleh skor rata-rata 83,52, motivasi kerja perawat diruang OK IBS RSUD Abdul Wahab Sjaranie Samarinda diperoleh skor rata-rata 62,72 Terdapat  hubungan fungsi manajerial dengan motivasi kerja dengan nilai rhitung sebesar 0,678, yang dinterpretasikan ke dalam tabel interpretasi pada interval koefisien 0,600 – 0,799, termasuk dalam tingkat hubungan yang kuat. Terdapat pengaruh yang signifikan  terlihat dari nilai rhitung = 0,678 lebih besar dari rtabel = 0,2787 dengan taraf kepercayaan 5% dan N = 50, sehingga diperoleh pengaruh positif dan nilai koefisien korelasi antara fungsi manajerial dengan motivasi kerja sebesar 0,678. Terdapat pengaruh yang signifikan terlihat dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan secara bersama-sama terhadap motivasi kerja diperoleh sig F change 0,000 yang lebih kecil dari signifikasi 5%, sehingga pada akhirnya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja perwat di ruang OK IBS RSUD Abdul Wahab Sjahranie Tahun 2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kartadianta, Sunaryo. (2014). Politik Jati Diri. Bandung: UPI Press.

Brabender, V., & Fallon, A. (2009). Group Development in Practice: Guidance for Clinicians and Researchers on Stages and Dynamics of Change. Washington, DC: American Psychological Association.
Artikel in Press :
Lyznicki, J. M., Young, D. C., Riggs, J. A., Davis, R. M., & Dickinson, B. D. (2001). Obesity: Assessment and management in primary care. American Family Physician, 63(11), 2185-2196.
Jurnal :
Hodgson, J., & Weil, J. (2011). Commentary: How Individual and Profession-level Factors Influence Discussion of Disability in Prenatal Genetic Counseling. Journal of Genetic Counseling, 1-3.
Fariq Azzaki. (2011). Perkembangan Dunia Konseling Memasuki Era Grobalisasi. Pedagogi, II Nov 2011(Universitas Negeri Padang), 255-262.
Book Review
Khan, A., Okwun, & Kalu, C. (2011). Psychology and counseling responsibilities for continuous assessment in Malaysian school system. Scientific Research and Essays, 6(11), 2259-2263.
Web Pages:
Syawal Maarif. (2011). Strategi Menghadapi Klien dalam Proses Konseling Individual. Diakses 12 November 2011, dari www.konselingindonesia.com/Strategi_Menghadapi_Klien_dalam_Proses-_Konseling-Individual.pdf
Published
2019-08-24
Section
Articles