PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) SISWA KELAS 1 SDN 011 LOA JANAN

  • Jumiati Universitas Mulawarman
  • Made Ngurah Partha Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar Membaca, Peningkatan, Struktural Analitik Sintetik (SAS)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Kesulitan siswa dalam membaca biasanya terlihat ketika siswa kesulitan dalam kelancaran membaca atau belum lancar, untuk membacakan kalimat atau mendeskripsikan gambar akan merasa kesulitan, mereka sering mengeluh dan terlihat bingung dengan apa yang ingin mereka tulis. Kemampuan siswa dalam membaca, masih sangat rendah, standar penilaian KKM yang telah ditentukan untuk aspek membaca adalah 70, belum tercapai seperti yang diharapkan. Prosedur pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan metode penelitian tindakan kelas kolaborasi dengan teman sejawat untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam pembelajaran yang direncanakan tiga siklus  Sedangkan tahapan-tahapan dalam siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dilihat dari tahap awal dan dilanjutkan tahap slklus 1 sampai  siklus  3  dapat  dikemukakan  ada  peningkatan  dari  hasil   belajar  dengan  menggunakan  metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) secara intensif. Hal ini dapat  dilihat  dari  rata-rata  hasil  pembelajaran siswa pada hasil belajar siswa siklus 1 rata-rata sebesar 72,30 dengan ketuntasan 60% setelah dilaksanakan tindakan siklus 2 hasil belajar siswa rata-rata sebesar 72,80 dengan ketuntasan 85% dan pada siklus 3  hasil belajar mengalami peningkatan dengan rata-rata 76,55 dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan temuan diatas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 011 Loa Janan tahun ajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Jumiati, & Partha, M. N. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) SISWA KELAS 1 SDN 011 LOA JANAN. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 93-101. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.704
Section
Articles