Penggunaan Media Interaktif Canva dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda

Authors

  • Ferdy Pratama Putra Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Rizqi Dwi Ariana Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Muh. Amir Masruhim Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman
  • Sitti Najmiah Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3322

Keywords:

Interaktif, Canva, Motivasi

Abstract

Judul penelitian ini adalah penggunaan media interaktif canva dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif canva pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-3 SMP Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini mengukur motivasi belajar peserta didik dan respon peserta didik. Pengumpulan data menggunakan  angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket motivasi peserta didik memiliki rata-rata penilaian secara keseluruhan sebesar 76% dengan kriteria baik dan hasil wawancara, peserta didik memberikan respon positif terhadap media pembelajaran interaktif canva sebesar 87,8% pada kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif canva pada materi persamaan linier satu variabel dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bali, M. M. W. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i1.198

Fajrina, W., Simorangkir, M., & Nurfajriani, D. (2018). Developing Interactive Computer Based Learning Media of Lectora Inpspire to Enhance Conceptual Skills of Senior High Schools Students. Atlantis Press, 57–60, https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.12

Galuh, N. N., Kartono, & Zainuddin. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Multimedia Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 30 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). 2(2), 1–15. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i2.908

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2016). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika II Di Prodi Manajemen FPEB UPI. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3430

Ibrahim, A. A., Gunawan, & Zulkarnain, M. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis multimedia pada materi sistem periodik unsur di SMK Bina Banua Banjarmasin. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 1–14. https://doi.org/10.33654/jpl.v15i2.1152

Lutfi, A., Suyono, S., Erman, E., & Hidayah, R. (2019). Edutainment With Computer Game As a Chemistry Learning Media. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 8(2), 1684–1689. https://doi.org/10.26740/jpps.v8n2.p1684-1689

Manggabarani, A. F., Sugiarti, S., & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab. Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur). Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 17(2), 83–93. https://doi.org/10.35580/chemica.v17i2.4688

Mulyana, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4), 220–228. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.680

Pratiwi, S. S., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs3 Professional Pada Materi Penyajian Data. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.43

Rahman, G., Jahroh, I. S., Kimia, P. P., Medan, U. N., Kimia, D. P., & Medan, U. N. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Android Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Memotivasi Siswa the Effect of Android-Based Interactive Multimedia on Increasing. Prosiding Seminar Nasional Kimia 2021, 67–72.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Putra, F. P., Ariana, R. D., Masruhim, M. A., & Najmiah, S. (2024). Penggunaan Media Interaktif Canva dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3322

Issue

Section

Articles