Penggunaan Media Interaktif Canva dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda

Main Article Content

Ferdy Pratama Putra
Rizqi Dwi Ariana
Muh. Amir Masruhim
Sitti Najmiah

Abstract

Judul penelitian ini adalah penggunaan media interaktif canva dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif canva pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-3 SMP Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini mengukur motivasi belajar peserta didik dan respon peserta didik. Pengumpulan data menggunakan  angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket motivasi peserta didik memiliki rata-rata penilaian secara keseluruhan sebesar 76% dengan kriteria baik dan hasil wawancara, peserta didik memberikan respon positif terhadap media pembelajaran interaktif canva sebesar 87,8% pada kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif canva pada materi persamaan linier satu variabel dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, F. P., Ariana, R. D., Masruhim, M. A., & Najmiah, S. (2024). Penggunaan Media Interaktif Canva dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 21-27. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3322
Section
Articles

References

Asep Mulyana. (2021). Pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(Oktober).
Fajrina, W., Simorangkir, M., & Nurfajriani, D. (2018). Developing Interactive Computer Based Learning Media of Lectora Inpspire to Enhance Conceptual Skills of Senior High Schools Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, January 2018. https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.12
Galuh, N., tono, K., & nuddin, Z. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Multimedia Pada Pembelajaran Ipa Kelas V SDN 30 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(2).
Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2016). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika II Di Prodi Manajemen FPEB UPI. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3430
Ibrahim, A. A., Gunawan, & Zulkarnain, M. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis multimedia pada materi sistem periodik unsur di SMK Bina Banua Banjarmasin. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 1–14. Media.
Lutfi, A., Suyono, S., Erman, E., & Hidayah, R. (2019). Edutainment With Computer Game As a Chemistry Learning JPPS (Jurnal https://doi.org/10.26740/jpps.v8n2.p1684-1689 Penelitian Pendidikan Sains), 8(2), 1684.
Manggabarani, A. F., & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab. Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur) The Effect Of “Blended Learning” Models On Motivation and Student Achieve. Jurnal Cemica, 83–93.
Muhammad Mushfi El Iq Bali. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam Pendidikan Islam.
Mustofa Abi Hamid, Rahmi Ramadhani, Masrul Masrul, Juliana Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif, Jamaludin Jamaludin, & Janner Simarmata. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Pratiwi, S. S., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs3 Professional Pada Materi Penyajian Data. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.43
Rahman, G., Jahroh, I. S., Kimia, P. P., Medan, U. N., Kimia, D. P., & Medan, U. N. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Android Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Memotivasi Siswa the Effect of Android-Based Interactive Multimedia on Increasing. Prosiding Seminar Nasional Kimia 2021, 67–72.
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793.