Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana

Main Article Content

Mei Vita Romadon Ningrum
Yulian Widya Saputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar  geografi yang mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, perilaku, dan mampu membentuk karakter siswa yang terkait dengan nilai peduli lingkungan serta untuk mengukur kelayakan dan keefektifan bahan ajar geografi  untuk pembelajaran ditinjau dari hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Rancangan ini menggunakan penelitian dan pengembangan (research dan development) yang diadaptasi dari model Borg and Gall dan Dick and Carey dengan tahapan: Analisis kebutuhan, Desain Pengembangan, Memproduksi/ Mengembangkan Bahan Ajar, dan validasi.Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa kualitas bahan ajar sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.Pada aspek kelengkapan isi, terkategori sangat baik (skor rerata 4,32), aspek penyajian materi terkategori baik (skor rerata 4,16), aspek bahasa terkategori baik ( skor rerata 4,17), aspek kegrafikaan terkategori sangat baik ( skor rerata 4,22) dan aspek karakter terkategori sangat baik (skor rerata 4,34). Bahan ajar yang dikembangkan teruji efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 27,71 point. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Asep H. Hermawan, dkk. 2008. Pengembangan Kurikiulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Asymanidar, Dede Rohmat, Mamat Ruhimat (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geografi Berbasis Pendidikan Karakter : Jurnal Pendidikan Geografi, Vol 13 No 1 Hal 1-12.
Borg, Walter.R. & Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction.(4rded.). New York: Longman.inc. (2007). Educational research: an introduction. (8rd ed.). New York: Pearson.inc
Darmiyati Zuchdi. (2010). Humanisasi pendidikan, menemukan kembali pendidikan yang manusiawi (edisi ketiga).Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
2010. Panduan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Dick, W., Carey, L., dan Carey,J.O. 2005. The Systemic Design of Instruction. Fifth Edition. New York: Longman
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta, Kementerian Pendidikan Nasional.
Lickona, Thomas, E. Schaps & C. Lewis. (2010).Eleven principles of effective character education.(Rev. ed.). Washington, D.C: Character Education Partnership.
Lickona, Thomas. (1991). Educating for character. How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.
Majid abdul, 2007, perencanaan pembelajaran, bandung. Pt. Remaja rosdakarya
Sugandi, Dede. 2015. “Pembelajaran Geografi sebagai Salah Satu Dasar Pembentukan Karakter Bangsa” in SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, Vol.8(2) November, pp.241-252.
Widodo, Chomsin S, dan Jasmadi 2008. Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi, jakarta. Gramedia.