Partisipasi Masyarakat Dalam Pelestarian Hutan Mangrove di Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser

  • Budi Utomo Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang
  • Helmi Helmi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia.
  • Mei Vita Romadon Ningrum Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia.
  • Edwardus Iwantri Goma Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia.
Keywords: Partisipiasi, pelestarian, hutan mangrove

Abstract

Partisipasi merupakan keterlibatan anggota masyarakat dalam pembangunan dan pelaksanaan program yang dilakukan dalam masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam pelestarian hutan mangrove di Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi dengan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 824 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukkan partisipasi masyarakat dalam pelestarian hutan mangrove terlaksana dengan cukup baik. Bentuk partisipasi masyarakat berupa partisipasi dalam bentuk nyata ( berwujud) seperti uang, tenaga,dan keterampilan selain itu partisipasi yang tidak nyata (abstrak) diwujudkan dalam penyampaian partisipasi ide/ gagasan dalam musyawarah. Pola partisipasi masyarakat bersifar kemitraan antara anggota masyarakat dan pemerintah serta perusahaan di sekitar kawasan hutan mangrove, unsur partisipasi masyarakat yaitu adanya kesempatan, kemampuan dan kemauan dalam melestarikan hutan mangrove. Masyarakat dilibatkan dalam setiap tahap partisipast yaitu tahap pengambilan keputusan, pelaksanaan, pengambilan manfaat, dan evaluasi. Faktor pendukung partisipasi masyarakat yaitu adanya kerjasama dan kesadaran masyarakat. Faktor penghambat partisipasi yaitu minim dana dan kesibukan masyarakat.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basir, A. (2018). Tingkat pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam pelestarian hutan mangrove di desa maccini baji kecamatan mappakasunggu kabupaten takalar. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4844-Full_Text.pdf
Edi, M., Okik Hendriyanto, C., & Nur, F. (2009). Konservasi Hutan Mangrove Sebagai Ekowisata. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 1, 51–57.
Erawati, I., & Mussadun. (2013). Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumber daya lingkungan mangrove di desa Bedono, kecamatan Sayung. Ruang, 1(1), 31–40. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ruang/article/viewFile/2821/2997
Inggi, P. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Pelestarian Kawasan Hutan Mangrove Sebagai Objek Daya Tarik Wisata (Studi Kasus Di Desa Cendi Manik Kecamatan Sekotong Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat).
Khalimah. (2016). Partisipasi Masyarakat Dusun Kalipucung dalam Kebijakan Sekolah Satu Atap di SMP N 4 Satu Atap Salaman. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(4), 384–394.
Mirnawati. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Mangrove Di Desa Mattiro Baji Kecematan Mappakasunggu Pulau Tanakeke Di Kabupaten Takalar.
Mohi, E. H., Nento, F., & Tueno, N. S. (2019). Faktor-Faktor Penghambat Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Reboisasi Di Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 106–114. https://doi.org/10.37606/PUBLIK.V6I2.11
Mudjab, S. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Restorasi Hutan Mangrove. December.
Murdiyanto, E. (2011). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Karanggeneng, Purwobinangun, Pakem, Sleman. Sepa, 07(02), 91–101.
Novita, R. (2014). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikulerdi Madrasah Tsanawiyah Negerilipatkain Kampar.
Nurbaiti, S. R., & Bambang, A. N. (2017). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility ( CSR ) Factors Affecting Community Participation in the Implementation of Corporate Social Responsibility Program. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 224–228.
Oruh, S., & Nur, H. (2021). Perilaku Masyarakat Pesisir di Hutan Mangrove Desa Balangdatu Kabupaten Takalar. Phinisi Integration Review, 4(2), 292. https://doi.org/10.26858/pir.v4i2.22091
Susanto, D. M. (2018). Bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata di Desa Tanjung Limau Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Sosiatri-Sosiologi, 6(4), 61–75.
Wastiti, A., Purnaweni, H., & Zarkasyi, A. (2020). Ini Dibuat Untuk Menggali Lebih Mengenai Faktor Pendorong Dan Faktor Penghambat Dari Partisipasi Masyarakat. Jurnal Adminstrasi Publik.
Published
2023-04-07
Section
Articles