Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Tour Builder Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kaliorang (Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan)

Main Article Content

Kusnayati kusnayati
Laili Komariyah
Yulian Widya Saputra

Abstract

Model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan media pembelajaran tour builder dapat membantu merealisasikan objek geografi dalam kelas dan lebih mudah dipahami. Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran PjBL menggunakan  tour builder di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kaliorang dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan rancangan time series, tes dilakukan setiap pertemuan. Instrumen untuk mengambil respon adalah angket dengan analisis statistik deskriptif persentase dan intrumen untuk hasil belajar adalah post tes dengan analisis yang digunakan adalah N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran PjBL menggunakan tour builder cukup baik dengan kriteria indeks respon sebesar 73% dan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setiap pertemuan sebesar 0,45 g berdasarkan indeks gain. Hendaknya pendidik menjadikan model pembelajaran PjBL menggunakan tour builder sebagai alternatif untuk diterapkan di kelas pada materi tertentu, guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Direktorat Pembina SMA. 2014. Pembelajaran Geografi Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ekapati, Fahmi Faradisya. 2016. “Respon Siswa Dan Guru Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning”. Jurnal Pena Sains Vol. 3, No. 2, Oktober 2016
Nur, Aulia, Abdul Wahab dan Amsal Amri. 2016. “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X Sma Negeri 11 Banda Aceh”. Jurnal Ilimiah Mahasiswa Pendidikan Geografi Vol. 1, No.2 2016.
Putri, Agustina. 2011. Psikologi Perkembangan. Surakarta: PGSD UMS.
Rauziani, Yusrizal, dan Cut Nurmaliah. “Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis Di Sma Inshafuddin”. 2017. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol. 4, No. 2, 2016.
Suminarsih, Eka. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Pembelajaran Geografi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sungai Raya”. 15 Januari 2019.
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'