Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA Negeri di Kota Balikpapan

  • Novianto Adzani Universitas Mulawarman
  • Iya' Setyasih Universitas Mulawarman
  • Mei Vita Romadon Ningrum Universitas Mulawarman
Keywords: Kemampuan Berpikir Spasial, Kelas X IPS, Kelas X IPA, Kota Balikpapan

Abstract

Kemampuan berpikir spasial merupakan aspek kognitif dan didefinisikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan berpikir untuk menggunakan konsep ruang, alat representasi, dan proses penalaran untuk menyusun masalah, menemukan jawaban, dan mengungkapkan solusi untuk suatu masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPS SMAN di Kota Balikpapan, (2) kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPA SMAN di Kota Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 238 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir spasial, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas reliabilitas, dan uji-t sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir spasial peserta didik kelas X IPS SMAN di Kota Balikpapan terkategori rendah dengan skor 59.90. Kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPA SMAN di Kota Balikpapan terkategori rendah dengan skor 56.41.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliman, M. (2016). Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Spatial Thinking. Universitas Negeri Padang, 1, 58–68.
Aliman, M., Mutia, T., Halek, D. H., Hasanah, R., & Muhammad, H. H. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Spasial Bagi Siswa SMA. 4, 1–10. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i1.1823
Aliman, M., Mutia, T., & Yustesia, A. (2018). Integritas Kebangsaan Dalam Tes Berpikir Spasial. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2018 (pp. 82–89).
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Balikpapan, P. K. (2012). GAMBARAN UMUM KONDISI DAERAH (Vol. 6). Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/68019/BAB II.pdf
Gersmehl, P. J., & Gersmehl, C. A. (2007). Spatial Thinking by Young Children: Neurologic Evidence for Early Development and “Educability.” Journal of Geography, 106(5), 181–191.
Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 7–24.
Machali, I. (2014). Dimensi Kecerdasan Majemuk Dalam Kurikulum 2013. Insania, 19(1), 21–45.
Mohan, A., & Mohan, L. (2013). Spatial Thinking About Maps: Development of Concepts and Skills Across the Early School Years.
Mustikawati, A. (2018). Adaptasi lingkungan masyarakat pendatang dalam cerita rakyat bontang. Aksara, 30(1), 59–74. Retrieved from aksara.kemdikbud.go.id
Nofirman. (2018). Studi Kemampuan Spasial Geografi Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Georafflesia, 3(2), 11–24.
Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 89–90.
Oktavianto, D. A., Sumarmi, & Handoyo, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 21(1), 59–69.
Ruhimat, M. (2013). Penanaman Kemampuan Berpikir Geografis Melalui Pendidikan. Seminar Nasional Pendayagunaan Informasi Geospasial Untuk Optimalisasi Otonomi Daerah, 224–226.
Setiawan, I. (2015). Peran Sistem Informasi Geografi (SIG) dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial (spatial thinking). Jurnal Pendidikan Geografi, 15(1), 83–89.
Solichin, M. (2017). ANALISIS DAYA BEDA SOAL, TARAF KESUKARAN, VALIDITAS BUTIR TES, INTERPRETASI HASIL TES DAN VALIDITAS RAMALAN DALAM EVALUASI PENDIDIKAN. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2, 200–207.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (1st-2nd edition) (1st-2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Suhendi, A. R. (2011). Ruang Lingkup Mata Pelajaran di SMA. Retrieved March 9, 2022, from https://adejuve.wordpress.com/2011/11/03/ruang-lingkup-mata-pelajaran-di-sma/
Sujarweni, V. W. (2014). SPSS Untuk Penelitian (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Turner, K. L., & Miller, M. E. (2017). The effect of automation and workspace design on humans’ ability to recognize patterns while fusing information. IEEE International Multi-Disciplinary Conference on Cognitive Methods in Situation Awareness and Decision Support (CogSIMA). https://doi.org/10.1109/COGSIMA.2017.7929598
Published
2023-09-11
Section
Articles